298 CPNS Kemendikbud Siap Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia

298 CPNS Kemendikbud Siap Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia

298 CPNS Kemendikbud Siap Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia

298 CPNS Kemendikbud Siap Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia
298 CPNS Kemendikbud Siap Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia

Kemendikbud — Sebanyak 298 orang dinyatakan lulus sebagai calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) formasi tahun anggaran 2017. Mereka terpilih dari total 112.397 orang yang mendaftar sebagai CPNS Kemendikbud. Pemerintah berkomitmen mewujudkan birokrasi berkelas dunia tahun 2024. Rekrutmen CPNS merupakan salah satu fokus pemerintah untuk memperbaiki kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan Penyambutan dan Pengarahan bagi CPNS Kemendikbud berlangsung di Plaza

Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Senin (26/3/2018). Acara tersebut dihadiri Mendikbud Muhadjir Effendy, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Dalam sambutannya, Mendikbud mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh CPNS Kemendikbud, dan berpesan agar mereka dapat memberikan yang terbaik untuk negara. “Mari bekerja dengan sungguh-sungguh dan berikan yang terbaik,” tuturnya.

Menpan-RB Asman Abnur mengatakan, sistem rekrutmen CPNS saat ini semakin terbuka

dan transparan. Aparatur sipil negara (ASN) juga diharapkan mampu berkreasi dan meningkatkan kinerja birokrasi agar mampu bersaing dengan negara lain. “Minimal ada dua hal yang harus dimiliki (ASN), yaitu hospitality (jiwa melayani dan keramahtamahan), serta jiwa entrepreneur, yaitu keinginan untuk selalu memberi umpan balik yang lebih banyak daripada modal yang telah ada,” katanya. Ia juga berharap para pegawai baru ini menjadi motor penggerak di lingkungan kerja masing-masing dan mampu menyelenggarakan pemerintahan berbasis elektronik.

Pada kesempatan ini, Kepala BKN Bima Haria Wibisana (Kepala BKN) beserta Mendikbud

dan Menpan-RB memberikan SK Pengangkatan CPNS secara simbolis kepada empat formasi yang mewakili, yaitu formasi cumlaude, disabilitas, putra dan putri terbaik papua, dan formasi umum. Pendaftaran CPNS Kemendikbud formasi tahun anggaran 2017 telah dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 26 September 2017 melalui laman cpns.kemdikbud.go.id. Terdapat 300 formasi yang terdiri dari 261 formasi umum, 30 formasi cumlaude/dengan pujian, 6 formasi disabilitas, dan 3 formasi putra/putri Papua dan Papua Barat. (Desliana Maulipaksi)

 

Sumber :

http://www.macrothink.org/journal/index.php/ajfa/comment/view/11810/10136/10717