Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

5 Tips Ponsel Android Lawas, jadi Remote Hingga Kamera Pengawas

5 Tips Ponsel Android Lawas, jadi Remote Hingga Kamera Pengawas

 

5 Tips Ponsel Android Lawas, jadi Remote Hingga Kamera Pengawas
5 Tips Ponsel Android Lawas, jadi Remote Hingga Kamera Pengawas

Memiliki ponsel pintar keluaran terbaru merupakan kebutuhan bagi sebagian orang. Namun, setelah melakukan upgrade ke perangkat yang lebih baru, pengguna biasanya harus menghadapi masalah “apa yang harus dilakukan dengan ponsel lama?”

Beberapa orang lebih memilih untuk menjualnya dan uang hasil penjualan digunakan untuk membeli ponsel baru. Hanya saja, tidak semua ponsel pintar, apalagi bekas, memiliki harga jual yang bagus.

Alih-alih menjualnya, ponsel pintar lama, khususnya android dapat dimanfaatkan dengan fungsi baru.

Cukup dengan menambahkan beberapa hal seperti aplikasi atau perangkat keras, ponsel android lama dapat disulap sebagai perangkat elektronik yang fungsional.

Berikut beberapa tips memanfaatkan ponsel android lama yang berhasil dihimpun oleh Tirto.

1. Jadikan sebagai kamera pengawas

Memanfaatkan android sebagai kamera pengawas sudah lazim digunakan saat ini. Berkat perkembangan teknologi, android pun bisa digunakan sebagai tambahan keamanan rumah.

Caranya adalah dengan meng-install aplikasi home CCTV seperti Alfred. Tempatkan ponsel lama sebagai kamera pengawas dan ponsel baru sebagai monitor.

Letakkan ponsel lama di ruangan yang ingin dimonitor, seperti ruang keluarga dan kamar anak.

Fungsi kamera pengawas ini juga bisa dimanfaatkan sebagai intercom pintu. Letakkan android lama di dekat pintu masuk atau jendela untuk melihat siapa tamu yang datang.

2. Ubah menjadi remote kontrol universal

Memiliki remote yang mampu melakukan segalanya adalah hal yang menyenangkan. Apalagi jika di rumah terdapat perangkat pintar seperti pendingin udara dan TV pintar yang dapat diatur menggunakan android.

Daripada menggunakan remote biasa yang sering hilang dan biasanya hanya bisa mengatur satu perangkat saja, manfaatkan android lama untuk mengatur semuanya.

Cukup dengan mengunduh beberapa aplikasi remote kontrol perangkat seperti Android TV Remote Control Google Play. Atau untuk pengguna android Xiaomi, aplikasi Mi Remote Controller juga patut dicoba. Kelebihannya, selain praktis remote android bisa ‘dipanggil’ kapan saja jika hilang.

3. Gunakan sebagai wireless mouse

Jika kebetulan mouse komputer rusak, jangan terburu-buru membeli mouse baru. Manfaatkan android lama sebagai pengganti mouse yang rusak.

Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi yang mendukung seperti Remote Mouse dari Google Play.

Setelah itu, hubungkan android lama dengan komputer ataupun laptop menggunakan aplikasi yang sudah diunduh.

Pastikan konseksi WiFi mendukung agar penggunaan mouse wireless dari android dapat maksimal.

4. Letakkan di mobil sebagai asisten berkendara

Bagi orang-orang yang sering menghabiskan banyak waktu dengan berkendara, memanfaatkan android sebagai asisten di mobil bisa sangat membantu.

Ada banyak aplikasi asisten yang dapat di unduh di Google Play, salah satunya Asisten Google.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya menanyakan apapun termasuk petunjuk arah, cuaca, rekomendasi tempat makan terdekat, dan sebagainya.

Letakkan dudukan ponsel atau car mounting di mobil dan bawa android kemanapun. Agar ponsel tetap terjaga dari baterai habis, tambahkan car charger atau powerbank di mobil.

5. Jadikan kalender digital di meja kerja

Ketimbang mengganti kalender setiap tahun, manfaatkan ponsel android lama sebagai kalender digital.

Keuntungannya, kalender android dapat digunakan sebagai pengingat waktu-waktu

tertentu yang mendukung aktivitas kerja.

Letakkan android lama di dekat meja kerja atau ruangan yang sering disinggahi. Catat waktu-waktu penting seperti hari ulang tahun pasangan atau tenggat waktu mengumpulkan tugas.

Baca Juga:

 

 

infobiz

Kembali ke atas