9 hal yang saya pelajari membangun PC pertama saya (yang saya harap saya tahu sebelumnya)

9 hal yang saya pelajari membangun PC pertama saya (yang saya harap saya tahu sebelumnya)

9 hal yang saya pelajari membangun PC pertama saya (yang saya harap saya tahu sebelumnya)

 

 

9 hal yang saya pelajari membangun PC pertama saya (yang saya harap saya tahu sebelumnya)
9 hal yang saya pelajari membangun PC pertama saya (yang saya harap saya tahu sebelumnya)

Selamat datang di TNW Basics , kumpulan kiat, panduan, dan saran tentang cara mudah memaksimalkan gadget, aplikasi, dan hal-hal lainnya.

Saya sudah lama memikirkannya, tetapi saya tidak pernah bisa membenarkan berinvestasi di PC desktop. Saya khawatir sebagian besar akhirnya akan duduk diam di meja saya, karena nilai dan kinerjanya terus menurun. “Aku lebih baik membeli laptop yang gemuk,” aku terus berkata pada diriku sendiri. Tapi aku salah selama ini.

Sudah lebih dari sebulan sejak saya mengumpulkan keberanian untuk membuat rig, dan saya tidak bisa lebih bahagia dengan pilihan saya. Tidak hanya menyenangkan menggunakannya untuk bekerja, tetapi juga menghidupkan kembali kecintaan saya pada game, yang telah menjadi tambahan yang menyegarkan untuk rutinitas harian saya.

Sama menyenangkannya dengan merakit PC pertama saya, ada beberapa hal yang salah dalam prosesnya. Pada bagian ini, saya ingin membagikan beberapa cegukan tersebut, dan juga menawarkan beberapa tips tentang cara menghindarinya.

Untuk lebih jelasnya, ini bukan instruksi menyeluruh tentang cara membuat PC – ini hanya beberapa tips tentang cara mendekati proses. Anda masih harus melakukan sebagian besar kerja keras sendiri.

Saya bukan seorang pembuat PC pro, ini hanya beberapa refleksi tentang masalah yang saya temui, dan langkah-langkah yang saya ambil untuk menyelesaikannya. Anda tidak akan belajar sesuatu yang baru jika Anda membuat PC untuk hidup (atau bahkan sebagai penggemar), ini hanya saran dasar untuk pembangun pemula seperti saya.

Ketahuilah apa yang Anda inginkan dan tetap di jalur Anda
Selalu akan ada daftar hal-hal yang tidak pernah berakhir yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik dengan bangunan Anda, tetapi penting untuk tetap berpegang pada kebutuhan dan anggaran aktual Anda. Saya tidak bisa cukup menekankan hal ini.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih bagian untuk PC Anda adalah garis besar apa yang Anda butuhkan. Itu akan membantu Anda merencanakan anggaran dengan lebih baik, dan juga mengarahkan keputusan pembelian Anda ke arah yang benar ketika Anda pasti menyadari bahwa Anda harus berkompromi pada aspek-aspek tertentu.

Sebagai contoh, kadang-kadang masuk akal untuk berbelanja lebih banyak pada CPU, sambil berhemat pada GPU. Saya akhirnya melakukannya sendiri. Saya berinvestasi lebih banyak dalam CPU, karena meningkatkan GPU melibatkan lebih sedikit bagian yang bergerak (dan saya tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas motherboard). Itu tidak selalu menjadi masalah bagi Anda, tetapi Anda mengerti maksud saya.

Hal yang sama berlaku untuk fitur. Satu hal yang ingin saya lakukan sejak awal dengan tubuh saya adalah pendingin cairan. Itu terlihat keren, ia melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menjaga suhu turun, dan secara signifikan lebih tenang daripada pendingin udara – terutama jika dilakukan dengan benar. Inilah masalahnya: pendinginan cairan sulit dilakukan dengan benar – dan memalsukannya dapat menyebabkan beberapa kesalahan mahal . Tanyakan saja kepada Reddit tentang hal itu.

Itu tidak berarti Anda harus menghindari keputusan perangkat keras semacam itu dengan cara apa pun, tetapi Anda harus (paling tidak) mengetahui pro dan kontra. Secara pribadi, saya pergi dengan pendingin udara untuk ketenangan pikiran.

Memilih bagian yang tepat
Di sinilah segalanya menjadi serius. Jika Anda termasuk dalam kategori “penggemar perangkat keras window-shopping,” kemungkinan Anda telah mengikuti pasar PC, dan tahu persis bagian mana yang Anda inginkan dan mengapa. Tetapi jika itu kedengarannya tidak seperti Anda, Anda mungkin menemukan proses memetik bagian luar biasa – bahkan lebih jika Anda tidak memiliki petunjuk sedikit pun apa yang Anda lihat.

Sebagai seseorang yang cocok di antara kedua kategori itu, saya merasa berguna untuk menelusuri build yang dibuat orang lain dengan kebutuhan yang mirip dengan saya. The BuildAPC dan BuildAPCForMe subreddits adalah tempat yang bagus untuk memulai. Saya tidak akan secara membuta mempercayai semua yang saya dengar di sana, tetapi saya telah menggunakan saran Redditor sebagai titik lepas landas untuk penelitian saya sendiri.

Setelah saya memiliki ide yang baik tentang jenis perangkat keras yang saya butuhkan, saya menuju ke PCPartpicker untuk memilih bagian-bagian untuk membangun saya.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, PCPartpicker adalah alat perbandingan untuk bagian PC – sebenarnya cukup populer di Reddit. Ini memiliki daftar komponen yang dapat Anda isi satu per satu. Itu juga menarik satu ton opsi untuk setiap komponen, termasuk alternatif dari berbagai merek.

Namun, hal yang paling berguna tentang itu adalah ia juga memeriksa apakah bagian yang Anda pilih kompatibel. Jika bukan itu masalahnya, itu akan menampilkan peringatan di bagian bawah daftar Anda, dan menjelaskan bagian mana yang perlu Anda ganti dan mengapa. Cukup bagus.

Anda juga dapat melihat bangunan yang dibuat orang lain untuk membandingkannya dengan milik Anda, atau mencari tahu apa yang berhasil untuk mereka dan yang tidak.

Setelah Anda memilih semua bagian untuk PC Anda, jangan segera memesannya. Mungkin layak berputar kembali ke Reddit dan mendapatkan pendapat kedua tentang bangunan Anda dari BuildAPC dan BuildAPCForMe . Dari pengalaman saya, orang-orang di sana sangat membantu dengan menyarankan cara untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk uang saya – atau menghindari pilihan perangkat keras yang akan saya sesali di masa depan.

Pastikan memori Anda berfungsi baik dengan motherboard Anda
Saya tidak yakin apakah PCPartpicker melakukan itu untuk Anda, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksa ulang pilihan Anda yang kompatibel dengan motherboard Anda – terutama karena Anda ingin menghindari gangguan karena harus mengembalikan komponen.

Pabrikan sering memasang daftar memory stick yang telah mereka uji dengan motherboard, dan menjamin mereka akan berpasangan dengan baik. Ini lebih dikenal sebagai Daftar Vendor Kualitas (QVL), dan dapat ditemukan di situs resmi produsen Anda (pro-tip: lihat di bagian dukungan ).

Tonton tutorial, tetapi juga baca manualnya
Anda akhirnya menerima semua yang Anda butuhkan untuk rig Anda, tetapi tiba-tiba kaki Anda dingin. “Aku akan mengacaukan ini,” Anda mungkin berpikir. Membangun PC pertama Anda mungkin terasa sedikit menakutkan, tetapi jauh lebih mudah daripada yang terlihat – terutama jika Anda sudah mempersiapkannya dengan baik.

Bagian besar dari proses persiapan adalah mempelajari apa yang tidak boleh dilakukan. Untungnya, The Verge telah (tanpa sengaja) menciptakan panduan utama untuk hal-hal yang harus Anda hindari saat membangun PC (seperti bukkake tempel termal, untuk meminjam istilah dari satu video reaksi). Pastikan untuk menonton video reaksi, sehingga Anda dapat mempelajari kesalahan The Verge.

Sebenarnya, ada banyak panduan langkah demi langkah untuk diikuti.

Saya menonton beberapa video walkthrough tentang cara membuat PC pertama Anda – satu dari Bitwit dan satu dari KristoferYee . Sekarang, kemungkinan prosesnya akan bervariasi tergantung pada bagian apa yang Anda pilih, tetapi tutorial ini akan memberi Anda dasar yang cukup bagus. Mereka mencakup sebagian besar hal-hal penting.

Untuk spesifiknya, Anda harus berkonsultasi dengan manual Anda. Ini terutama benar ketika menginstal motherboard. Kasing Anda akan datang dengan petak kabel – untuk tombol, port, lampu, dan sebagainya – Anda harus terhubung ke motherboard. Anda akan menemukan ke mana masing-masing harus pergi dalam manual. Percayalah, itu akan menghemat banyak waktu.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua slot pada motherboard Anda sama. Misalnya, jika motherboard Anda memiliki empat slot memori, tetapi Anda hanya memiliki dua tongkat, Anda harus berkonsultasi dengan manual di mana slot akan memberikan Anda kinerja yang lebih baik.

Hal yang sama berlaku untuk drive penyimpanan. Dalam beberapa kasus, pabrikan akan menentukan slot prioritas yang mendukung kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat (atau lebih tepatnya, memiliki lebih sedikit hambatan).

Jangan memotong sudut manajemen kabel dan ventilasi
Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana PC mencolok yang Anda lihat di video dan majalah selalu memiliki penampilan paling rapi, dengan hampir tidak ada kabel yang mencuat? Yah, ini bukan hanya untuk kesombongan.

Manajemen kabel merupakan hal yang sangat penting dalam hal ketahanan mesin Anda. Selain terlihat bersih, kabel yang tertata rapi juga memudahkan penanganan debu dan menghindari panas berlebih. Secara umum, tujuannya adalah untuk mengarahkan kabel ke port masing-masing dengan cara yang paling efisien (sambil juga menghindari kekacauan).

Sekadar informasi: Lebih baik Anda membeli strip velcro dan dasi, karena Anda akan membutuhkannya.

Satu hal yang perlu diingat adalah memastikan kabel Anda tidak menghalangi penggemar Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari masalah ventilasi.

Dan sementara kita berada di topik ventilasi, membuat aliran udara case Anda benar merupakan bagian integral dari sistem yang berjalan lancar juga.

Jika PC Anda bertindak tidak menentu, periksa RAM Anda
Ini sebagian besar anekdotal, tetapi memory stick saya akhirnya menjadi penyebab sebagian besar cegukan yang saya alami. Cukup lucu, setiap kali saya pergi ke Reddit atau Discord untuk saran pemecahan masalah, tip pertama yang saya dapatkan adalah memastikan RAM saya terpasang dengan benar.

Tepat setelah saya selesai merakit mesin saya, saya tidak bisa mendapatkan layar pos sampai saya mencoba menyalakan mesin hanya dengan satu tongkat diinstal saja, dan secara bertahap menambahkan tongkat pada setiap reboot sampai semuanya bekerja dengan baik.

Seminggu kemudian, saya mulai mengalami banyak masalah teknis, dan saya tidak bisa menentukan penyebabnya. Wi-Fi bawaan saya akan terputus sebentar-sebentar, saya akan mendapatkan berbagai kesalahan terkait SSD, dan kadang-kadang saya menemui layar biru kematian. Saya kemudian menemukan bahwa RAM saya tidak bekerja dengan baik pada kecepatan overclocking yang diiklankan (lebih lanjut tentang itu di bawah).

Bagaimanapun, memori Anda tidak akan selalu menjadi sumber masalah, tetapi Anda mungkin akhirnya menghemat waktu jika Anda memulai proses pemecahan masalah dengan RAM.

Uji stres lebih awal untuk menghindari masalah di kemudian hari
Satu kesalahan yang saya sadari saya buat hanya setelah terlambat adalah tidak menguji stres rig saya segera setelah saya selesai menyusunnya.

Singkat cerita, perlu waktu seminggu untuk menaruh beban serius pada PC saya (sebenarnya terjadi secara tidak sengaja, tidak dengan sengaja), cukup untuk menyadari bahwa itu terlipat di bawah tekanan.

Ternyata tidak ada masalah perangkat keras pada akhirnya (hanya beberapa penyesuaian di BIOS), tetapi agak mengecewakan untuk kembali ke pemecahan masalah ketika saya pikir saya sudah melewati semua masalah.

Setelah gagal beberapa stress test di Blender Benchmark, saya akhirnya menyadari bahwa build saya tidak stabil ketika memory stick saya berjalan pada 3.600 MHz. Melalui trial and error, saya dapat menstabilkan hal-hal di 3.533 MHz dan saya tidak punya masalah sejak itu.

Bersiaplah untuk memecahkan masalah selama berjam-jam

Jika Anda mendapatkan layar pos dan PC Anda lulus tes stres, bagus! Tetapi jika Anda tidak melakukannya – Anda sebaiknya menyingsingkan lengan baju Anda karena pemecahan masalah mungkin memakan waktu cukup lama.

Tujuan latihan ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang menghentikan PC Anda agar tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dalam beberapa kasus, itu akan menjadi kesalahan yang Anda buat saat merakitnya – seperti lupa mencolokkan kabel atau mencolokkannya di port yang salah – tetapi sesekali Anda akan berurusan dengan perangkat keras yang rusak. Namun, Anda ingin memastikan ada sesuatu yang rusak sebelum Anda mengirimnya kembali.

LinusTechTips memiliki video tentang mengatasi masalah no-post yang menurut saya cukup membantu. Ini berumur beberapa tahun, jadi bagian Anda mungkin terlihat sedikit berbeda dari miliknya, tetapi prinsipnya tetap sama.

Satu hal yang saya sarankan ketika datang ke pemecahan masalah adalah melatih

kesabaran. Anda ingin teliti dan menghapus (atau menambah) hanya satu komponen pada satu waktu. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi sumber kesulitan teknis Anda.

Pendekatan ini akan terasa merepotkan, terutama jika awalnya tidak ada yang berhasil, tetapi Anda akan senang melakukannya dengan cara ini setelah berhasil mendiagnosis kekurangannya.

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian
Itu saja. Seperti yang sudah saya katakan, ini tidak berarti panduan yang komprehensif, sehingga Anda mungkin mengalami masalah yang belum saya bahas di sini. Yang penting adalah tetap tenang dan mencari solusi secara metodis.

Satu-satunya saran saya dalam kasus itu adalah menghindari panik. Alih-alih, Anda akan lebih baik meluangkan waktu untuk meneliti masalah dengan benar, dan menemukan cara terbaik untuk mengatasinya.

Ya, kesulitan teknis mungkin menyedot banyak waktu Anda, tapi saya berjanji itu akan sia-

sia begitu semuanya berjalan lancar.

Juga, ada perasaan senang yang tak terlukiskan dari membangun PC pertama Anda – terlebih lagi ketika Anda harus melewati beberapa rintangan.

Baca Juga: