Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Bedanya dengan Karburator

Bedanya dengan Karburator

Bedanya dengan Karburator
Bedanya dengan Karburator

Karburator adalah sebuah mesin yang kinerjanya adalah mencampurkan bahan bakar dan udara di pembakaran bagian dalam. Namun cara kerjanya manual, ketika mengontrol udara yang masuk ke dalam ruang bakar, kemudian menyalurkan bahan bakar sesuai dengan udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Seperti yang telah kita ketahui, cara menyetelkannya pun dilakukan secara manua pula agar kebutuhan bahan bakar dan udara bisa sesuai di segala kondisi. Bila tidak sesuai masalahnya kestabilan dan kinerja mesin pun bisa menurun.

Kelebihannya menggunakan karburator memang murah , komponen yang murah dan simpel. Tapi ada pula bila memang cara penyetelannya yang kurang akurat bisa menyebabkan beberapa kerugian seperti bahan bakar menjadi boros dan masalah yang paling sering dibicarakan dan begitu nyata adalah yang berkenaan dengan kondisi lingkungan.

Apa yang dilakukan ?

Berkenaan dengan unsur-unsur di atas, mulai dari kelebihan kekurangan serta dari dampak dan manfaat yang ditimbulkan, akhirnya YAMAHA mengusung teknologi fuel injection dengan nama YMJET-FI ( Yamaha  Mixture Jet – Fuel Injection) yang bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, yang bisa berdampak atau berpengaruh terhadap gas buang atau emisi yang lebih sedikit.  Sehingga dengan emisi yang dihasilkan rendah bisa mengurangi polusi yang telah menjadi permasalahan yang nyata di kehidupan sehari–hari.

Pada umumnya, para pengguna teknologi Injeksi menggunakan satu saluran. Tapi pada YMJET-FI ini terdapat dua saluran, yang pertama  Air assist (saluran kecil) dan yang kedua Main Air Passage (saluran Besar).

Dengan cara kerja yang sederhana, RPM yang dihasilkan menginformasikan kepada ECU. Informasi yang dihasilakan oleh ECU kemudian disinyalkan kepada YMJET-FI untuk menyuplai udara melalui dua saluran udara tadi (Air Assist dan Main Air Passage) sesuai dengan RPM yang dihasilkan.

Misalkan bila putaran RPM yang dihasilkan kurang dari 5000 RPM maka Air asist akan bekerja untuk menyuplai udara. Bila putarannya lebih dari 5000 RPM maka Main Air Passage-lah yang bekerja untuk menyuplai udara. Semakin sedikit udara yang digunakan, maka akan sedikit pula bahan bakar yang digunakan. Begitu juga sebaliknya yang berarti teknologi ini bisa menyesuaikan antara kebutuhan suplay udara berdasarkan kecepatan yang dikehendaki oleh pengendaranya .

Namun yang menjadi kelebihannya, YMJET-FI mampu menghemat bahan bakar hingga 30 % bila dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan kabulator yang hanya bisa memangkas sekitar 10% penggunaan bahan bakarnya.

Baca Juga :

infobiz

Kembali ke atas