Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Bentuk Bumi

Bentuk BumiBentuk Bumi

Pernyataan bahwa bumi bulat biasa digambarkan dengan kapal yang sedang berlayar dilautan, awalnya kita hanya akan melihat bendera kapal diujung tiang semakin lama akan semakin nampak tiang secara keseluruhan kemudian disusul lunas kapal dan akhirnya seluruh badan kapal, keadaan seperti itu yang menggambarkan bahwa bumi bulat. Demikian pula apabila kita terus berlayar kesatu arah, ternyata kita tidak sampai kebatas suatu tepi bumi bahkan bisa saja kita kembali ke titik awal kita berlayar, seperti hal nya yang dilakukan oleh Magellan pada tahun 1522 ia berlayar mengelilingi bumi dan ia kembali ke titik awal ia berangkat.

Ada lagi peristiwa yang menggambarkan bahwa bumi itu bulat yakni pada waktu terjadinya gerhana bulan dimana bulan tertutup bayangan bumi berupa lengkungan. Pada kejadian selanjutnya manusia yang terbang tinggi ke angkasa luar ia berhasil mengambil foto bumi yang memang bulat. Dari hasil pengukuran yang lebih teliti menunjukkan bahwa bumi tidak bulat benar seperti bola melainkan pepat pada kedua kutub dan agak gembung disekitar khatulistiwa.

3.3  Gerakan Bumi dan Akibat Gerakan Bumi

3.3.1  Rotasi dan Akibatnya

Di samping berputar mengelilingi matahari,  bumi juga mengalami gerak rotasi yaitu gerakan bumi yang berputar pada sumbu atau porosnya.  Posisi sumbu rotasi bumi membentuk sudut 23,5 terhadap sumbu tegak.  Arah rotasi bumi dari barat ke timur.  Waktu rotasi 24 jam setiap utaran.  Bila bumi berputar satu putaran penuh maka setiap tempatdi muka bumiberputar 360 Setiap satu derajat bujur ditempuh selama 4 menit.  Berarti perbedaan waktu antara dua tempat yang berjarak 15 derajat adalah satu jam.

Rotasi bumi menyebabkan hal-hal berikut:

  1. Gerak semu matahari dan benda-benda langit yang seolah-olah bergerak dari timur ke barat.
  2. Perbedaan waktu pada tempat-tempat di bumi yang berbeda bujur derajatnya.
  3. Pergantian siang dan malam.
  4. Bagian khatulistiwa bumi mengalami penggembungan dan bagian kutub mengalami pemampatan.  Berdasarkan hasil pengukuran yang teliti,  tenyata bentuk bumi tidak bulat sempurna melainkan agak pipih di bagian kutub utara dan selatan.

Bulan melakukan tiga gerakan sekaligus yaitu:

  1. Bulan berputar mengelilingi porosnya atau disebut rotasi.
  2. Bulan beredar mengelilingi bumi atau disebut revolusi.
  3. Bersama-sama bumi bergerak mengelilingi matahari.
    Sumber :https://advertorial.co.id/bppt-tingkatkan-kemampuan-kapal-riset-baruna-jaya-i/

infobiz

Kembali ke atas