Cara Memelihara Kuda Laut di Akuarium

Cara Memelihara Kuda Laut di Akuarium

Cara Memelihara Kuda Laut di Akuarium

Cara Memelihara Kuda Laut di Akuarium
Cara Memelihara Kuda Laut di Akuarium

 

Bagaimana cara memelihara kuda laut di akuarium? Dinamakan kuda laut sebab badan ikan ini sangat menyerupai dengan kuda, terutama pada episode mukanya. Kuda laut termasuk anggota dari suku Syngnathidae. Ada sekitar 32 spesies kuda laut yang tersebar di paerairan tropis seluruh dunia, mulai dari yang berukuran 3 cm sampai 30 cm.

Bagi Anda yang tertarik memiliki kuda laut, Anda mampu mendapatkannya di toko ikan hias. Pilih kuda laut yang kondisinya sehat dan normal. Anda mampu meminta izin kepada penjualnya untuk menunjukkan makanan pada ikan ini. Kuda laut yang berkualitas cantik ditandai dari gerakannya yang aktif dan doyan makan.

Bagaimana cara memelihara kuda laut di akuarium Simak Cara Memelihara Kuda Laut di Akuarium. Kuda laut mampu dipelihara di dalam akuarium. Di bawah ini tips-tips perawatannya :

Sesuaikan Terlebih Dahulu

Sama menyerupai ikan mas koki, sebelum Anda memasukkan kuda laut ke dalam akuarium, pastikan untuk menyesuaikannya terlebih dahulu. Caranya letakkan kantong plastik yang telah berisi kuda laut ini ke akuarium. Rendam selama 15-30 menit. Setelah dirasakan temperatur akuarium dan plastik sama, Anda mampu segera merilis kuda laut ini.

Jangan Pelihara Dua Jantan Sekaligus

umpan ikan mas – Kuda laut memiliki perangai yang sangat menjaga wilayah kekuasaannya. Jika Anda memasukkan lebih dari satu pejantan ke dalam akuarium, besar kemungkinan mereka akan bertarung. Untuk membedakan jenis kelamin kuda laut, Anda mampu memperhatikan episode bawah dan depan perutnya. Kuda laut jantan mempunyai kantong anak, sebaliknya si betina justru tidak.

Makanan yang Dianjurkan

Untuk makanan kuda laut yang paling cantik adalah artemia atau mysid shrimp. Meskipun lisan binatang ini berukuran kecil, namun kekuatan sedotan yang dimilikinya sangat kencang. Pilihan pakan lainnya mampu juga diberikan udang rebon sehingga kuda laut mampu lebih aktif memburu mangsanya.

Pelihara di Akuarium Khusus

Sebaiknya kuda laut dipelihara di akuarium khusus mengingat kebiasaan makannya sangat pelan. Jangan pernah mencampurnya dengan ikan hias yang lain sebab dikhawatirkan kuda laut tidak kebagian jatah pakannya. Tetapi bila Anda tetap memaksa menggabungkannya dengan ikan lain, pilih ikan yang gaya makannya menyerupai dengan kuda laut. Contohnya tangkur mas, tangkur buaya, tangkur mb, tangkur pasir, tangkur kerdil, ikan terompet, ikan piso-piso, ikan goby, ikan mandarin, dan ikan keling.

Jangan Berikan Arus

Di habitat aslinya, kuda laut tinggal di lingkungan perairan yang tenang. Ia biasanya mengikatkan ekornya ke tanaman air sebab memang gaya berenang yang dikuasainya sangat buruk. Makara jika Anda ingin memelihara ikan ini, jangan pernah menunjukkan arus air yang berpengaruh di dalam akuarium atau kuda laut tersebut akan stres dan mati.