Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Benar

Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Benar

Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Benar

Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Benar
Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Benar

Baru pertama kali memakai toaster? Tidak perlu bingung Toppers, yuk perhatikan langkah dan cara menggunakan pemanggang roti dengan benar berikut ini!

Cara Menggunakan Toaster – “Jika belum makan nasi, berarti belum makan,” mungkin kalimat ini sering terdengar. Nasi memang makanan pokok orang Indonesia, tapi untuk sarapan, sepertinya kamu bisa memilih menu lain selain nasi. Salah satunya adalah roti.

Agar roti lebih nikmat, kamu bisa memanggangnya terlebih dulu dengan menggunakan toaster. Tentunya dipadu dengan selai kesukaanmu. Ya, tapi semua itu kembali lagi pada selera masing-masing, kamu suka roti garing atau lembut, Toppers?

Untuk kamu yang suka dengan roti yang garing, silakan simak langkah dan cara untuk menggunakan pemanggang roti berikut ini!

Cara Menggunakan Pemanggang Roti

1. Ketahui Jenis Toaster
cara menggunakan pemanggang roti, cara menggunakan toaster, cara menggunakan panggangan roti
Sumber Gambar: Compact Appliance
Sebelum menggunakan panggangan roti, kamu perlu mengetahui jenis toaster mana yang sekiranya sesuai dengan keinginan dan cocok untuk kamu.

Berikut beberapa jenis toaster yang bisa kamu pilih:

Oven Toaster
Jenis toaster yang satu ini berbentuk layaknya oven pada umumnya, tapi lebih dikhususkan untuk memanggang roti, walaupun kamu pun bisa memanaskan makanan lain seperti daging ayam.

Cara penggunaannya pun mudah, kamu hanya perlu menaruh rotimu di loyang yang sudah disediakan, lalu atur suhu panggangan.

Pop-up Toaster
Pasti kamu sudah tidak asing dengan toaster yang satu ini, pop-up toaster memang pemanggang roti yang banyak digunakan. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memasukan rotimu secara vertikal.

Kemudian atur tingkat panggangan, setelah matang roti akan naik dengan sendirinya.

Sandwich Toaster
Dengan menggunakan sandwich toaster ini, kamu bisa memanggang roti sekaligus dengan isian rotimu, berbeda dengan pop-up toaster. Jadi, keju atau cokelat yang menjadi isian rotimu bisa melting dengan sempurna.

2. Cek Daya dan Letakkan di Tempat yang Tepat

Jika kamu sudah memiliki alat ini di rumah, simpan di tempat yang strategis dan dekat dengan sumber listrik. Perhatikan berapa daya yang harus dikeluarkan dengan kapasitas listrik di rumah. Karena ia cukup memakan daya besar.

3. Masukkan Roti Ke Panggangan

Setelah kabel terpasang, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan tentu adalah memasukan roti ke dalam panggangan. Masukkan jumlah roti sesuai keingin kamu. Biasanya, toaster memiliki 2-6 slot yang tersedia.

Kamu hanya perlu memasukkan roti ke slot yang telah tersedia, dan pada umumnya panggangan roti masa kini telah dibekali fitur otomatis. Di mana roti akan keluar dengan sendirinya setelah mencapai tingkat kematangan.

4. Atur Tingkat Panggangan

Nah, jika panggangan roti belum punya fitur otomatis, kamu perlu mengatur tingkat kematangan yang diinginkan. Pengaturan ini dapat disesuaikan dengan selera kamu.

Pada sebagaian besar toaster, mereka memiliki tingkat pemanggangan dari 1-5. Perlu kamu ingat, angka-angka ini bukan merujuk pada waktu. Misal, jika kamu menyetel pada angka 3, bukan berarti roti akan dipanggang selama 3 menit.

Semakin tinggi angkanya, maka roti akan semakin kering.

5. Pilih Tingkatan Terendah

Ketika memanggang roti, ada baiknya kamu mengatur tingkatan pada tingkatan yang rendah terlebih dulu. Hal ini kamu lakukan untuk mendapatkan hasil panggangan yang sempurna. Jika kamu pilih tingkatan terendah terlebih dulu, kamu akan mengetahui tekstur roti.

Kamu bisa memanggang rotimu lagi jika menginginkan roti yang lebih garing.

6. Turunkan Tuas Panggangan
Jika sudah memasukan roti dan mengatur tingkatan panggangan, hal selanjutnya adalah turunkan tuas panggangan untuk memulai memanggang. Proses pemanggangan biasanya berlangsung selama 1 sampai 2 menit.

Karena waktu yang terbilang singkat, sebaiknya kamu jangan meninggalkan panggangan.

7. Angkat Roti
Jika roti sudah matang, segera angkat rotimu dari panggangan. Bunyi “ting” menjadi pertanda bahwa rotimu sudah matang. Roti yang sudah matang bisa kamu ambil menggunakan tangan atau penjepit makanan yang tidak menghantarkan panas.

8. Lepaskan Roti yang Tersangkut
Ketika proses pemanggangan sudah selesai dan roti ingin kamu angkat keluar, namun ternyata roti tersangkut di slot panggangan, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menurunkan lagi tuas hingga roti turun kembali.

Jangan kamu lepas tuas tersebut, diamkan beberapa detik, dan tuas akan terangkat secara otomatis.

9. Perhatikan Keselamatan
Sebetulnya, cara-cara untuk menggunakan toaster sudah selesai dijabarkan, akan tetapi kamu juga perlu mengetahui dan memerhatikan keselamatan saat menggunakan toaster.

Jangan sekali-kali untuk memasukan benda berbahan logam seperti pisau atau garpu ke dalam panggangan. Seperti yang sebelumnya sudah dituliskan, jangan mengangkat roti dengan alat yang dapat menghantarkan panas.

Selain itu, jangan pula membersihkan panggangan roti menggunakan pisau untuk membersihkan setiap celah pada slot panggangan.

10. Bersihkan Toaster
Terakhir, kamu perlu membersihkan toaster agar awet dan selalu dapat memanggang dengan maksimal. Ketika kamu memanggang roti, remah-remah pada roti akan jatuh dan menelpel pada bagaian dalam toaster.

Baca Juga :