Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

CIRI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

CIRI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

CIRI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Ada beberapa ciri cir umum masyarakat Multikultural antara lain sebagai berikut :

A. KONSENSUS YANG RENDAH

konsensus berarti keputusan yang didapat berdasarkan kesepakatan yang bersama. Hal ini memang diperlukan sebab masyarakat multikultural mempunyai banyak latar belakang yang berbeda dan perbedaan lainnya.

Sehingga jika ingin mendapatkan kesepakatan bersama perlu dilakukan musyawarah. Sebab terdiri dari berbagai perbedaan itu, kerap kali, sulit untuk mencapai kesepakatan tersebut. Oleh sebab itu, sulit untuk membuat keputusan mufakat bersama.

B. SEGMENTASI

Segmentasi memiliki arti bahwa terdiri dari berbagai macam perbedaan, sehingga terkadang kita temukan pemisah atau sekat di berbagai perbedaan yang ada di masyarakat. Dalam konteks masyarakat multikultural kerap mempunyai ciri terbagi menjadi pihak yang berpengaruh besar dan dipengaruhi.

C. INTEGRASI SOSIAL

integrasi adalah sistem pembaruan yang bertujuan mencapai suatu kesatuan yang utuh. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, karena mempunyai banyak perbedaan maka kesepakatan akan sulit digapai. Oleh sebab itu sifat integrasi sosial bisa dipaksakan guna mencapai keselarasan.

Selain ketiga ciri di atas, masyarakat multikultural kerap juga mengalami konflik SARA. Tidak cuma itu, proses integrasi juga condong bergerak lamban. Struktur lembaga yang ada juga mempunyai persatuan lembaga sosial yang terpisah oleh segmen-segmen tertentu.


Baca Juga :

infobiz

Kembali ke atas