Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Elastis

Elastis

Karakteristik hukum Islam yang kedua yakni elastis (mudah diubah bentuknya, dan mudah kembali ke bentuk asal, lentur dan luwes). Keelastisannya mencakup di segala bidang kehidupan manusia baik jasmani dan rohani, baik mengenai hubungan manusia dengan Tuhannya, maupun hubungan interaksi sesama manusia. Juga tuntunan mengenai kehidupan manusia di dunia dan di akhirat.

Hukum Islam memperhatikan berbagai segi kehidupan, baik bidang mu’amalah, ibadah, jinayah, siyasah dan di bidang-bidang lainnya. Namun,  segala aturan yang diatur oleh hukum Islam itu tidak berarti pula menjadikannya memiliki dogma yang kaku, keras dan memaksa.[4] Ia hanya memberikan kaidah-kaidah umum yang mesti dijalankan oleh umat manusia.

Dengan demikian, yang diharapkan dari umat Islam adalah tumbuh dan berkembangnya proses ijtihad. Hak ijtihad ini diberikan kepada setiap muslim yang mampu berijtihad dan berpedoman kepada dasar-dasar kaidah yang telah ditetapkan. Ijtihad bukan hanya hak imam-imam mujtahid, seperti Al-Syafi’i, Malik, Abu Hanifah, dan Ahmad bin Hanbal. Ia juga merupakan hak setiap Muslim yang dituntut untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dirinya untuk mencapai ke jenjang mujtahid.[5]Adanya proses ijtihad ini mengindikasikan bahwa hukum Islam ini bersifat elastis.

Sumber :

https://obatpenyakitherpes.id/teka-teki-di-android-terbaru/

infobiz

Kembali ke atas