Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

FILSAFAT PENDIDIKAN  

FILSAFAT PENDIDIKAN 

             Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi manusiawi peserta didik maupun potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan yang universal pendidikan bertujuan menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan, guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan. Filsafat pendidikan adalah filsafat yang diguanakan oleh studi mengenai masalah-masalah pendidikan.

      Beberapa aliran filsafat pendidikan :

  1. Filsafat pendidikan perenialisme

                Perenalisme adalah suatu aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh. Perenialisme berasal dari kata perenial yang berarti abadi atau kekal. Jalan yang ditempuh kaum perenialisme adalah dengan jalan mundur kebelakang dengan menggunakan kembali nilai-nilai atau prinsip-prinsip umum yang telah manjadi perenialisme berpandangan bahwa dalam dunia yang tidak menentu dan penuh kekacauan serta membahayakan tidak ada satupun yang lebih bermanfaat dari pada kepastian tujuan pendidikan serta kestabilan dalam prilaku pendidikan. Jadi perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali atau proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan ideal.

                Sementara itu dalam persoalan nilai ia memiliki aliran bahwa nilai adalah persoalan spiritual, sebab hakikat kemanusiaan adalah pada jiwanya sedangkan perbuatan manusia merupakan pancaran isi jiwanya yang berasal dari dan dipimpin oleh tuhan. Untuk dapat mencapai kesana manusia harus berusaha dengan bantuan akal rational yang berarti mengandung nilai kepraktisan.

                Beberapa pendapat tokoh perenialisme terhadap pendidikan

  1. Program pendidikan yang ideal harus didasarkan atas paham adanya nafsu kemauan dan akal (Plato)
  2. Perkembangan budi merupakan titik pusat perhatian pendidikan dengan filsafat sebagai alat untuk mencapainya (Aristoteles)
  3. Pendidikan adalah menuntut kemampuan-kemampuan yang masih tidur agar menjadi aktif atau nyata (Thomas Aquinus)

Adapun norma pundamental pendidikan menurut J. Maritain adalah

ü   Cinta kebenaran

ü   Cinta kebaikan dan keadilan

ü   Kesederhanaan dan sifat terbuka terhadap eksistensi

ü   Cinta kerjasama

  1. Filsafat pendidikan progresivisme

             Progresivisme berpendapat tidak ada teori realita yang umum. Pengalaman menurut progresivisme bersifat dinamis dan temporal ; menyala, tidak pernah sampai pada yang paling ekstrem, serta pluralistis. Menurut progresivisme nilai berkembang terus karena adanya pengalaman-pengalaman baru diantara individu dengan nilai yang telah disimpan dalam kehidupannya-belajar berfungsi untuk mempertinggi tarap kehidupan sosial yang sangat kompleks. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang ekssperimental yaitu kurikulum yang setiap waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

sumber :
https://ijateng.id/seva-mobil-bekas/

infobiz

Kembali ke atas