Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN

HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN

HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN

Dalam pengkajian sebuah ilmu

pemikiran memiliki peran yang sangat penting, hal ini dikarenakan agar kita dapat menemukan kebenaran yang hakiki. Akan tetapi, hal ini membutuhkan proses dan tidaklah mudah.

Beberapa filsuf dapat menemukan solusi dengan pemikiran yang mereka miliki, singkatnya seorang yang berkecimpung dan mempelajari ilmu harus mempunyai keselarasan terhadap manusia, Tuhan dan ciptaan lainnya yang berada di dunia.

Beberapa ahli menyebut filsafat sebagai pangkal ilmu dari segala ilmu pengetahuan yang ada. Hal ini dapat menjelaskan mengapa filsafat disebut sebagai sebuah ilmu yang mempelajari hakikat mengenai kebenaran di segala bidang. Sementara filsafat memiliki arti yang lebih umum lagi dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang.

Dari sinilah lahirrnya beberapa cabang ilmu lain seperti ilmu pendidikan, ilmu bisnis, ekonomi, hukum, pancasila dan yang lainnya. Pengertian filsafat ilmu adalah hasil pemikiran mengenai permasalahan yang berkaitan dengan ilmu. Misalnya, cara mencapai tujuan dari pengetahuan dan mengetahui permasalahan yang terjadi.

Akan tetapi dari hubungan filsafat dan ilmu pengetahuan juga menimbulkan suatu persoalan atau masalah bagi seseorang dalam hidupnya dengan sesuatu yang erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan. Filsafat mampu menjadi teknik analisis jika seseorang tidak mampu memecahkan masalah atau menemukan jawaban atas persoalan dengan ilmu pengetahuan.

Salah satu contohnya adalah pendidikan yang menjadi masalah hidup dan kehidupan manusia. Sejatinya proses pendidikan berkembang bersama proses kehidupan manusia, bahkan keduanya pada hakikatnya adalah kesatuan proses.

Pendidikan merupakan usaha dari manusia dewasa yang sadar akan kemanusiaannya, dalam membimbing melatih, mengajar serta menanamkan nilai-nilai dasar kehidupan kepada generasi muda. Hal itu dberikan guna nantinya manusia menjadi sadar dan bertanggungng jawab akan tugas-tugas hidup sebagai seorang manusia.

Analisa filsafat sangat diperlukan jika seorang menemui persoalan-persoalan soal pendidikan dan kehidupan yang tidak mungkin terjawab dengan analisa ilmiah, berikut beberapa masalah pendidikan yang memerlukan analisa filsafat dan pemikiran yang mendalam.

  1. Pertama dan yang paling mendasar adalah apakah hakikat pendidikan, mengapa pendidikan tersebut harus diperlukan manusia dan merupakan hakikat hidup manusia, serta bagaimana hubungan antara pendidikan dengan hidup dan kehidupan manusia.
  2. Apakah pendidikan berguna untuk kepribadian manusia, apakah hal tersebut menentukan kepribadian manusia.
  3. Apa sebenarnya tujuan pendidikan itu, apakah untuk individu, atau untuk kepentingan masyarakat. Apakah pendidikan dipusatkan untuk membentuk kepribadian manusia atau untuk membina masyarakat.
  4. Siapa yang harus bertanggung jawab terhadap pendidikan itu, dan sampai dimana tanggung jawab tersebut. Bagaimana hubungan tanggung jawab tanggung jawab pendidikan terhadap manusia dewasa.

Tidak semua masalah pendidikan dapat dipecahkan dengan analisa ilmiah semata-mata. Banyak diantara masalah seperti contohnya beberapa diatas yang mampu ditemukan jawabannya dengan menggunakan analisa filsafat. Masalah pendidikan yang merupakan pertanyaan filosofis juga memerlukan pendekatan filosofis pula dalam memcahkannya.

Analisa filsafat terhadap masalah-masalah tersebut dapat disusun secara sistematis menggunakan teori-teori pendidikan disamping jawaban itu yang telah dikemukakan oleh aliran filsafat tertentu.

Hal itu menunjukkan pandangan-pandangan tertentu yang juga akan memperkaya teori-teori pendidikan tadi. Demikianlah terdapat hubungan fungsional antara filsafat dengan pendidikan khususnya terdapat teori pendidikan.


Baca Juga :

infobiz

Kembali ke atas