Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN JARAK JAUH

INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN JARAK JAUH

INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN JARAK JAUH
INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN JARAK JAUH

. PENDAHULUAN

Kemajuan pesat di bidang teknologi dan komunikasi mengilhami Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) untuk memperkenalkan program pendidikan jarak jauh (PPJJ) atau distance learning. PPJJ dengan cara ini diperkenalkan dalam seminar nasional bertemakan “Peranan Pendidikan dan Pelatihan Terbuka/Jarak Jauh Dalam Menunjang Pelaksanaan Otonomi Daerah.

Kepala Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Pustekkom) Depdiknas Arief S. Sadiman mengatakan, upaya PPJJ ini ditempuh karena pendidikan secara konvensional di sekolah-sekolah sudah tak memungkinkan lagi untuk tetap diteruskan, terlebih sejak anggaran pendidikan nasional dipangkas pemerintah pada tahun anggaran ini. Karena itulah dengan menggunakan infrastruktur PPJJ bisa dijadikan alternatif agar pendidikan formal, nonformal, atau di tempat kerja tetap dapat berjalan terus. PPJJ dengan mengaplikasikan cara tersebut biaya mampu ditekan jika masing-masing penyelenggara pendidikan di setiap kabupaten bisa melakukan sinergi dengan PT Telkom selaku pemilik infrastruktur di daerahnya sebagai upaya pengembangan SDM pada otonomi daerah. Tentang tingkat efektivitas PPJJ dengan metode ini, tidak perlu dikhawatirkan karena dari survei yang dilakukan oleh Depdiknas pada berbagai lembaga pemerintah yang telah mencoba cara ini sejak dua tahun lalu terlihat banyak sisi positifnya.

Depdiknas menargetkan dapat menghubungkan seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui wide area network dalam kota (WAN Kota) berteknologi Hotspot nirkabel tahun 2006/2007. Sepanjang tahun ini, instansi tersebut berencana mengembangkan jaringan tersebut ke 30 lokasi WAN Kota di kabupaten atau kotamadya untuk melengkapi 40 lokasi yang sudah ada sejak Tahun 2003.

Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) mengatakan WAN Kota disiapkan sebagai infrastruktur untuk kegiatan belajar dan sumber informasi telematika jarak jauh.Yang terhubung dalam WAN Kota, lanjutnya, akan dikembangkan menjadi ICT (Information and Communication Technology) Centre sebagai pusat pelatihan guru untuk mata ajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).

infobiz

Kembali ke atas