Jenis Jenis Akar pada tumbuhan

Jenis Jenis Akar pada tumbuhan

Jenis Jenis Akar pada tumbuhan

Jenis Jenis Akar pada tumbuhan
Jenis Jenis Akar pada tumbuhan

Disini kita akan membahas tentang akar pada tumbuhan dengan lengkap dan spesifik. Banyak sekali yang belum mengetahui apa saja jenis jenis akar akar pada tumbuhan

Karena banyak sekali yang belum mengetahuinya, maka disini kita akan membahas nya dengan sangat lengkap menurut ilmu yang ada.

Akar di setiap tumbuhan biasanya berbeda dan mempunyai jenisnya sendiri. Jenis akar adalah:

Akar serat

Akar ini umumnya terdapat pada monokotil, meskipun kadang kala hadir dalam tumbuhan dicoty yang biasa ditemukan pada stek atau cangkokan. Jenis akar ini mempunyai banyak akar kecil dan sangat ramping dengan ukuran yang sama dan biasanya bentuk akar ini menyerupai benang.

Akar tunggang

Akar spesies ini umumnya ditemukan di tumbuhan dikotil. Seperti wortel dan umbi. Akar ini mempunyai akar yang besar dengan beberapa cabang & ranting.

Jenis akar akar adventif lainnya meliputi:

Akar Gantung

Jenis akar ini tumbuh dari atas batang dan tumbuh ke tanah. Makara akarnya terlihat menggantung di udara. Fungsi dari akar gantung ini ialah untuk menyerap uap air & gas dari udara. Namun, bila akar tumbuh ke tanah, akar masuk ke tanah dan berfungsi menyerap air dan garam mineral. Contoh tumbuhan akar gantung ini ialah pohon beringin.

Akar nafas

Yakni akar yang tumbuh keluar dari bab bawah batang. Akar jenis ini sebagian ada di permukaan tanah dan beberapa di antaranya ada di dalam tanah. Akar ini terlihat mendukung batang tegak dan kokoh. Ini mempunyai banyak ruang dan celah sebagai kawasan masuk udara. Makara fungsi dari akar jenis ini ialah bernafas atau respirasi. Contoh tumbuhan ini menyerupai pandan & mangrove.

Akar Perekat

Jenis akar ini tumbuh di sepanjang batang tanaman. Fungsinya untuk menempelkan batang ke dinding atau ke tumbuhan lainnya. Contoh tumbuhan sirih.

Nah, begitulah beberapa fungsi akar tumbuhan dan penjelasannya. Untuk menambahkan wawasan yang terkait dengan organ yang satu ini, silakan kunjungi artikel kami yang terkait dengan diskusi akar pada tautan berikut.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html