Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

KAA ( Konferensi Asia Afrika)

KAA ( Konferensi Asia Afrika)

Pasca perang dunia II mendorong PBB untuk menciptakan perdamaian dunia, namun organisasi terbesar di dunia tersebut tidak mampu menciptakan perdamaian. Apalagi dengan adanya pertentangan antara dua negara adidaya, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet yang mengancam keamanan dan perdamaian dunia. Apabila pertentagan dua negara tersebut meningkat, maka dapat mengakibatkan perang yang akan merugikan bangsa-bangsa di seluruh dunia, termasuk negara-negara di kawasan Asia Afrika.

  1. SejarahKonferensi Asia Afrika

Pada tahun 1950-an, masih banyak negara-negara di Asia Afrika yang berjuang melawan imperialisme untuk mencapai kemerdekaan. Sebagai perwujudan politik luar negeri bebas aktif, maka bangsa Indonesia mempunyai inisiatif untuk menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika (KAA). Oleh karena itu diadakan pembicaraan pendahuluan yang sering dikenal dengan Konferensi Panca Negara. Konferensi pendahuluan tersebut diadakan dua kali, yaitu:

1)      Konferensi Kolombo di Sailan, Srilanka. Konferensi di Sailan disebut Konferensi Panca Negara 1. Konferensi ini memutuskan bahwa KAA-1 akan diselenggarakan di Indonesia dan Indonesia dipilih sebagai penyelenggara.

2)      Konferensi Bogor tahun 1954, diadakan di Bogor Indonesia. Konferensi Bogor disebut juga Konferensi Panca Negara II. Konferensi ini memutuskan:

  1. a)KAA akan diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18-24 April 1955,
  2. b)negara-negara yang akan diundang sebanyak 30 negara,
  3. c)menetapkan rancangan agenda konferensi dan merumuskan tujuan pokok konferensi,
  4. d)mendukung tuntutan Indonesia atas Irian Barat.

 

o   Pelaksaanaan KAA

KAA dilaksanakan di gedung Merdeka Bandung pada tanggal 18-24 April 1955. Konferensi ini dihadiri oleh wakil-wakil dari 29 negara yang terdiri dari:

1) Negara-negara pengundang, terdiri dari:

  1. a)Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjoyo,
  2. b)India diwakili oleh Perdana Menteri J. Nehru,
  3. c)Burma diwakili oleh Perdana Menteri U Nu,
  4. d)Sailan diwakili oleh Perdana Menteri Sir John Kotelawala,
  5. e)Pakistan diwakili oleh Perdana Menteri Mohammad Ali.

2) Negara-negara anggota, terdiri dari:

  1. a)Negara Asia, antara lain Filipina, Thailand, Kamboja, Laos, Jepang, RRC, Vietnam Utara, Vietnam Selatan, Nepal, Afganistan, Irak, Iran, Saudi Arabia, Syria(Suriah), Yordania, Libanon, Turki, dan Yaman.
  2. b)Negara Afrika, antara lain Mesir, Sudan, Ethiopia, Liberia, Libia, dan Ghana (Pantai Emas)

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/

infobiz

Kembali ke atas