Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Keajaiban Sebuah Portable Drive

Keajaiban Sebuah Portable Drive

Keajaiban Sebuah Portable Drive
Keajaiban Sebuah Portable Drive

Anda sudah memiliki portable drive? Jika sudah, bersiaplah untuk terkagum-kagum dengan kemampuan ajaib yang dimiliki portable drive yang biasanya hanya berukuran sebesar ibu jari ini.
Jika ditanya oleh teman Anda mengenai perangkat komputer apa yang saat ini sedang tren di Indonesia dan banyak dibicarakan orang, sudah pasti Anda akan menjawabnya: portable drive. Dalam masyarakat luas, portable drive lebih dikenal dengan nama flash drive atau USB flash drive.

Pengganti Floppy Disk
Setelah era floppy disk 5.25” berakhir pada pertengahan tahun 1990-an, tampaknya dengan semakin majunya teknologi komputer pada saat ini, kini giliran floppy disk 3.5” yang akan segera ditinggalkan oleh para pengguna komputer. Hal tersebut dikarenakan kapasitasnya yang hanya 1.44 MB sudah tidak mencukupi lagi untuk menyimpan data pekerjaan yang saat ini semakin rakus akan ruang.
Selain permasalahan kapasitas, hal lain yang merupakan kekurangan mendasar dari floppy disk adalah masalah keamanan data (security) yang sangat diperlukan oleh pengguna saat ini. Belum lagi bila dihadapkan pada permasalahan “jamur” yang sering menyerang media pada sebuah floppy disk sehingga menyebabkan kerusakan permanen pada floppy disk tersebut dan tidak bisa digunakan lagi.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, maka para pengguna saat ini lebih memilih alat yang lebih praktis dan aman untuk menggantikan tugas floppy disk sebagai alat penyimpanan data penting. Alat tersebut adalah portable drive atau yang lebih dikenal
dengan nama flash drive dan USB flash drive.
Pengguna memilih portable drive sebagai media penyimpanan pengganti floppy disk juga bukan tanpa alasan. Berbagai kelebihan yang ditawarkan alat ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Bayangkan saja, dengan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan antara 32 MB (minimal) sampai 16 GB (maksimal), Anda mempunyai cukup ruang untuk bisa menyimpan data penting ataupun fi le-fi le multimedia yang biasanya berukuran cukup besar.
Selain kapasitas, portable drive juga memiliki kecepatan transfer data sebesar 1.5 Mbit/s atau 12 Mbit/s untuk USB 1.0 dan 480 Mbit/s untuk USB 2.0. Kecepatan tersebut jauh melebihi kecepatan transfer data pada floppy disk 3.5” yang sangat lambat.

Aplikasi Portable Drive
Saat pertama diciptakan tahun 1998 oleh IBM yang bekerja sama dengan M-System, portable drive memang khusus digunakan sebagai pengganti floppy disk untuk menyimpan file-file data saja. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula kebutuhan para pengguna komputer untuk mendapatkan sesuatu yang praktis untuk menunjang mereka dalam bekerja. Berdasarkan hal tersebut banyak software house di seluruh dunia dan para programer tunggal menciptakan aplikasiaplikasi yang dikhususkan untuk digunakan dalam portable drive tersebut.
Saat ini banyak sekali aplikasi untuk portable drive yang tersebar di Internet, mulai dari aplikasi yang berbayar, shareware (time limited), freeware, sampai open source. Jika memiliki koneksi Internet yang cukup cepat, Anda pasti bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan mudah. Namun, bagimana bagi yang tidak mempunyai koneksi Internet atau mempunyai koneksi tetapi hanya sebatas dial-up saja?
Jangan khawatir, untuk Anda pembaca setia PC Media, kami akan mengadirkan aplikasi-aplikasi freeware penting yang bisa digunakan untuk lebih memaksimalkan fungsi kerja dari portable drive yang Anda miliki.

Permasalahan Keamanan pada Portable Drive
Memang permasalahan kemanan pada portable drive ini menjadi isu penting yang merebak di dalam masyarakat. Sangat tidak lucu bukan ketika Anda membeli sebuah portable drive merk terkenal dengan kapasitas 1.0 GB dan seharga kurang lebih US$61 (sekitar Rp 579.500) namun dalam waktu satu bulan alat tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi, hanya karena Anda salah dalam menginstal aplikasi keamanan (enkripsi) dalam portable drive tersebut.
Perlu diketahui, tidak semua aplikasi keamanan (enkripsi) yang disertakan pada CD bawaan dari sebuah portable drive itu bagus. Mungkin timbul pertanyaan, aplikasi enkripsi yang bagus itu seperti apa ya? Dan bagaimanakah saya bisa mendapatkan aplikasi tersebut tanpa menge luarkan uang lagi? Jawabannya singkat saja, Anda bisa mendapatkannya pada PC Media. Salah satu kategori yang akan kami hadirkan dalam “Cover Story” kali ini adalah aplikasi kemanan (enkripsi) data, yang tentunya sudah teruji kelayakan pakainya oleh tim redaksi PC Media.

Baca Juga : 

infobiz

Kembali ke atas