Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Kegiatan Usaha

Kegiatan Usaha

Sejauh ini, perum pegadaian menerbitkan produk pegadaian yang beragam , ada yang berbasis konvensional ada pula yang syariah. Gadai merupakan kegiatan yang sejauh ini masih menjadi otoritas Perum pegadaian, meskipun belakangan sejumlah bank syariah menerbitkan produk gadai emas syariah. Produk gadai yang diterbitkan oleh perum pegadaian, antara lain :

  1. Kredit KAC adalah pinjaman berdasarkan hukum gadai dengan prosedur pelayanan yang mudah, aman dan cepat. Dengan usaha ini, pemerintah melindungi rakyat kecil yang tidak memiliki asat dalam perbankan. Dengan demikian, kalangan tersebut terhindar dari praktik pemberian uang pinjaman yang tidak wajar. Pemberian kredit jangka pendek dengan pemberian pinjaman mulai dari Rp 20.000,- sampai Rp 200.000.000,-. Jaminannya berupa benda bergerak baik berupa barang perhiasan emas dan berlian, elektronik, kendaraan maupun alat rumah tangga lainnya. Jamgka kredit maksimum 4 bukan atau 12 hari dan dapat diperpanjang dengan cara hanya membayar sewa modalnya saja.
  2. Kreasi ; kredit angsuran fidusia, yaitu pemberian pinjaman uang yang ditunjukkan kepada pengusaha kecil atas dasar fidusia. Kredit atas dasar fidusia adalah pengikatan jaminan dengan lembaga peningkatan jaminan sempurna dan memberikan hak prefen kepada kreditor (lembaga fidusia). Bagi debitor barang jaminan tetap dapat digunakan.
  3. Kreasida ; kredit angsuran sistem gadai yang merupakan pemberian pinjaman kepada para pengusaha mikro kecil (dalam rangka pengembangan usaha) atas dasar gadai yang pengembalian pinjaman dilakukan melalui angsuran dalam jangka waktu maksimal 3 tahun dan jaminan bergerak seperti perhiasan, kendaraan bermotor dan sebagainya.
  4. Jasa taksiran ; layanan kepada masyarakat yang memerlukan harga atau nilai harta benda miliknya yang dapat diperiksa dan ditaksir oleh juru taksir yang berpengalaman dan profesional. Dengan biaya yang relatif ringsn masyarakat dapat mengetahui pasti nilai atau kualitas barang miliknya.
  5. Jasa titipan ; layanan titipan barang berharga seperti perhiasan, emas, batu permata, kendaraan bermotor, surat-surat berharga (tanah, ijazah) kepda masyarakat. Untuk menjamin rasa aman dan ketenangan terhadap harta yang ditinggalkan terutamabila hendak meninggalkan rumah dalam waktu lama.
  6. Gadai gabah ; merupakan kredit tunda jual komoditas pertanian yang diberikan kepada para petani dengan jaminan gabah kering giling.layanan kredit ini ditunjukan untuk membantu para petani pacapanen terhindar dari tekanan akibat fluktuasi harga pada saat panen dan permainan dan para tengkulak. Sistem kredit ini sama dengan gadai biasa.
  7. Gadai investa ; merupakan salah satu produk perum pegadaian berupa penyaluran pinjaman atas dasar hukum gadai dalam jangka waktu tertentu yang diberikan kepada nasabah dengan jaminan berbentuk saham yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan Obligasi Negara Ritel (ORI).
  8. KRISTA ; Kredit Usaha Rumah Tangga merupakan kredit yang ditunjukkan kepada para pengusaha sangat mikro yang tergabung dalam suatu kelompok/asosiasi dengan jaminan pokok sistem tanggung renteng diantara anggota kelompok tersebut. Perum pegadaian melalui KRISTA berusaha merangkul para pengusaha mikro, yang sebagaian besar nonbank able, untuk mengerakan roda perekonomian dan usahanya.

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/

infobiz

Kembali ke atas