Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Kegunaan lintah untuk kehidupan manusia

Kegunaan lintah untuk kehidupan manusia

Selain nyamuk lintah juga termasuk salah satu binatang penghisap darah yang hidup dimuka bumi ini. Banyak yang takut dan bahkan jijik ketika melihatnya. Bagi sebagian orang yang belum tahu menahu masalah lintah pasti hanya memandang sebelah mata, apalagi bagi seorang wanita, keberadaan lintah pasti sangat ditakuti. meskipun begitu sebenarnya lintah mempunyai manfaat yang tidak semua orang tahu. Salah satu manfaat yang mungkin pada heran atau kaget apabila mengetahuinya adalah, lintah sering digunakan untuk bahan baku pembuatan kosmetik. Ya pasti semua kaget, karena kosmetik yang biasa dipakai terkandung lintah didalamnya. Apa yang membuatnya diajdikan bahan baku pembuatan kosmetik, mari simak penjelasnya.

Kandungan lintah untuk pembuatan kosmetik

Tahukah anda bahwa ternyata lintah mengandung zat anti kolagen, sebagaimana yang diketahui bersama bahwa zat ini mempunyai fungsi untuk menunda penuaan dini, mengencangkan kulit, dan menyamarkan noda atau flek hitam pada kulit. Dibeberapa negara Asia dan salah satunya adalah Indonesia memanfaatkan hewan ini untuk bahan baku pembuatan kosmetik yang mereka produksi. Maka tak mengherankan apabila sekarang ini lintah sudah dibudidayakan, diIndonesia sendiri baru beberapa tempat saja yang membudidayakan lintah dalam jumlah besar untuk memasok perusahaan perusahaan kosmetik diberbagai negara.

Tidak hanya sampai disitu saja, ternyata lintah juga digunakan untuk media terapi sedot lintah. Para pakar terapi alternatif tersebut menggunakan lintah untuk menghisap darah pasien yang menderita penyakit. Beberapa penyakit yang sering diobati dengan terapi yang satu ini adalah bisul, jerawat, herpes, dan bahkan diabetes. Dari pasien yang sudah pernah merasakan terapi sedot lintah ini berkomentar bahwa khasiatnya sangat bagus dan banyak perubahan, meski hasilnya secara bertahap tapi ada perubahan yang pasti.

Tidak hanya sampai disitu saja, ternyata kandungan minyak lintah yaitu hirudin sering juga digunakan untuk operasi saraf kecil seperti telapak tangan dan kaki, karena zat hirudin berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah yang tersumbat. Berkat kandungan zat tersebut operasi saraf kecil berjalan dengan lancar.

Begitu banyak manfaat lintah maupun minyak lintahnya, dengan begitu usaha budidaya ternak lintah begitu menjanjikan untuk ditekuni karena begitu banyak manfaat yang dapat diambil dari hewan tersebut. Cukup sekian sedikit informasi singkat mengenai kegunaan lintah dalam kehidupan manusia, semoga bermanfaat.

Sumber: https://multiply.co.id/

infobiz

Kembali ke atas