Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Komplikasi

Table of Contents

 Komplikasi

                 Hipotermi yang terjadi pada bayi apabila tidak tertangani dengan tepat akan menyebabkan beberapa gangguan yang akan menyertai yakni:

  1. Gangguan sistem saraf pusat: koma,menurunnya reflex mata(seperti mengdip)
  2. Cardiovascular: penurunan tekanan darah secara berangsur, menghilangnya tekanan darah sistolik
  3. Pernafasan: menurunnya konsumsi oksigen
  4. Saraf dan otot: tidak adanya gerakan, menghilangnya reflex perifer

Penatalaksanaan

  1. Penanganan hipotermia secara umum untuk bayi

                 Pengaturan suhu tubuh bayi belumlah terkendali dengan baik. Bayi bisa kehilangan suhu tubuh secara cepat dan terkena hipotermi dalam kamar yang dingin. Bayi yang mengalami hipotermi harus dihangatkan secara bertahap. Berikut beberapa cara penanganan hipotermia untuk bayi :

1)   Hangatkan bayi secara bertahap. Bawalah ia ke ruangan yang hangat. Bungkuslah tubuhnya dengan selimut tebal.

2)   Pakaikan topi dan dekaplah si kecil agar ia menjadi hangat oleh panas tubuh anda.

  1. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

1)   Jangan menempelkan sumber panas langsung, seperti botol berisi air panas ke kulit anak. Anak harus menjadi hangat secara bertahap.

2)   Jika anak hilang kesadaran,bukalah saluran udaranya dan periksa pernapasannya. Jika anak bernapas,baringkan ia pada posisi pemulihan,jika tidak bernapas,mulailah bantuan pernapasan dan kompresi dada. Telepon Ambulans.

  1. Prinsip Dasar Untuk Mempertahankan Suhu Tubuh Bayi Baru Lahir

1)   setiap bayi lahir harus segera dikeringkan dengan handuk yang kering dan bersih (sebaiknya handuk tersebut dihangatkan terlebih dahulu). Mengeringkan tubuh bayi harus dilakukan dengan cepat.dimulai dari kepala kemudian seluruh tubuh bayi. Handuk yang basah harus diganti dengan handuk lain yang kering dan hangat.

2)   Setelah tubuh bayi kering segera dibungkus dengan selimut,diberi tepi atau tutup kepala,kaos tangan dan kaki. Selanjutnya bayi diletakkan telungkup di atas dada ibu untuk mendapatkan kehangatan dari dekapan ibu.

3)   Memberi ASI sedini mungkin segera setelah melahirkan agar dapat merangsang rooting refleks dan bayi mendapat kalori.

4)   Mempertahankan bayi tetap hangat selama dalam perjalanan pada waktu merujuk.

5)   Memberikan penghangatan pada bayi  baru lahir secara mandiri.

6)   Melatih semua orang yang terlibat dalam pertolongan persalinan.

7)   Menunda memandikan bayi baru lahir sampai suhu tubuh bayi stabil.  

  1. Hipertermi
  2. Pengertian Hipertermi           

                 Hipertermia adalah keadaan dimana seorang individu mengalami atau beresiko mengalami peningkatan suhu tubuh terus menerus diatas 37,8°C per oral atau 38,8°C per rectal karena peningkatan kerentanan terhadap faktor-faktor eksternal (blogAsuhanKeperawatan.com).

                 Hipertermia adalah suhu tubuh yang tinggi dan bukan disebabkan oleh mekanisme pengaturan panas hipotalamus (Asuhan keperawatan.com.I Ziddu.com)

  1. Etiologi Hipertermi

                 Disebabkan oleh meningkatnya produksi panas andogen (olahraga berat, Hipertermia maligna, Sindrom neuroleptik maligna, Hipertiroiddisme), Pengurangan kehilangan panas, atau terpajan lama pada lingkungan bersuhu tinggi (sengatan panas)

 

Sumber: https://newsinfilm.com/

infobiz

Kembali ke atas