Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Langkah-langkah beternak burung kenari

Langkah-langkah beternak burung kenari

Langkah-langkah dalam beternak burung kenari meliputi pemberian pakan, penjemuran, dan proses menjodohkan.

– pemberian pakan

Pakan utama burung kenari adalah bijian karena burung ini tergolong dari jenis burung pipit {pemakan bijian}. Pemberian pakan harian bisa kita lakukan 2 kali sehari namun dalam porsi yang tidak berlebihan, karena pemberian pakan dengan berlebihan bisa mengakibatkan kenari gemuk. Selain itu kita juga perlu memnerikan pakan sayuran dan buah-buahan seperti sawi, mentimun, apel/buah peer.

– Memandikan dan penjemuran

memandikan serta menjemur burung kenari bertujuan untuk menghilangkan kutu dan membasmi bakteri-bakteri yang ada dikandang. Selain itu burung yang rutin dimandikan dan dijemur akan semakin sehat dibandingkan dengan burung yang jarang dimandikan.
Proses memandikan dan menjemur burung kenari sebaiknya dilakukan tidak lebih dari jam 10. Karena setelah jam 10 terik matahari sudah mulai panas.

– Penjodohan

Inilah yang membedakan didalam beternak burung kenari dengan burung lainya, karena kenari memerlukan perhatian khusus didalam proses menjodohkannya. meskipun bisa menjdohkan kenari hanya dengan diumbarkan saja namun kurang menghasilakn hasil yang maksimal. Secara singkatnya proses menjodohkan burung kenari sebagai berikut:

Pertama tama antara kenari jantan dan betina sandingkanlah terlebih dahulu sampai keduanya saling mengenal, jika kedunya sudah saling mengenal akan terlihat seperti kenari jantan dan betina saling meloloh, tidurnya saling berdekatan. Setelah itu pastikan keduanya sudah menunjukkan tanda-tanda siap kawin.

Tanda-tanda kenari siap kawin dapat kita lihat jika betina sering memanggil sijantan, sudah membuat sarang, dan pada kelamin si betina terlihat memerah, dan untuk si jantan ditunjukkan sering berkicau, sering nabrak-nabrak kandang dan sering naik turun kandang.

Setelah kedunya terlihat berjodoh dan siap kawin maka langkah selanjutnya mencampurkan keduanya dlam satu sangkar, jika sudah terlihat perkawinan maka biarkan saja sampai kenari tersebut melakukan perkawinan hingga 3 kali, kemudian pisahkan lagi dan besoknya ualngi lagi seperti itu hingga si betina bertelur 2-3 butir lalu pisahkan dan jangan dicampurkan kembali.

Tempatkan sangkar betina jauh dari pejantan agar bisa mengerami telurnya dengan tenang, karena jika disaat kenari betina mengerami telur dan mendengar suara sijantan maka akan sering naik turun sangkar dan tidak fokus mengeram.

itulah sedikit pembahasan singkat didalam beternak brurung kenari, bersabarlah didalam menjalankanya karena beternak itu harus membutuhkan kesabaran yang besar. Cukup sekian dan terima kasih

Baca juga:

infobiz

Kembali ke atas