Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

LANGKAH-LANGKAH WAWANCARA

LANGKAH-LANGKAH WAWANCARA

   Anda dapat memperhatikan kelengkapan hasil wawancara yang ingin anda peroleh dengan memanfaatkan unsur 5W+1H yaitu What/apa?, Who/siapa?, Where/dimana?, When/kapan?, Why/kenapa?, dan How/bagaimana?.
Saat melakukan wawancara, kita dapat mencatat informasi yang telah disampaikan narasumber seacara garis besar atau pokok-pokok pikirannya saja. Selain itu anda juga dapat menggunakan alat perekam terlebih dahulu. Dengan adanya alat perekam tersebut, kita dapat mendengarkan hasil wawancara tersebut berulang kali.
Wawancara dapat pula dilakukan secara spontan terhadap orang-orang yang ditemui di sekitar sumber berita atau melakukan wawancara khusus terhadap tokoh atau pejabat penting. Dalam wawancara khusus biasanya di butuhkan perencanaan terlebih dahulu, seperti menentukan waktu dan tempat wawancara yang tepat. Dengan begitu, Anda dapat dengan leluasa melakukan kegiatan wawancara.
Ada tiga tahap wawancara, yaitu sebagai berikut.

LANGKAH-LANGKAH WAWANCARA

1. Tahap pendahuluan atau pembukaan

Tahap ini merupakan tahap awal untuk memberi kesan yang menyenangkan, untuk menciptakan suasana yang nyaman, serta menumbuhkan motivasi agar kegiatan wawancara berajalan dengan baik.
2. Tahap kegiatan tanya jawab
Tahap ini merupakan tahap inti dalam wawancara. Pewawancara menyampaikan pertanyaan secara santun kepada narasumber. Tidak menutup kemungkinan muncul pertanyaan lain setelah mendengarkan penjelasan narasumber.
3. Tahap penutup
Tahap ini merupakan tahap pemyipulan terhadap masalah yang menjadi pokok perbincangan.
sumber :

infobiz

Kembali ke atas