Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Latihan Kebugaran Jasmani

Latihan Kebugaran Jasmani

Latihan Kebugaran Jasmani

Tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kebugaran jasmani. Unsur – unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan konsep kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari – hari terdiri dari kekuatan, kelenturan dan keseimbangan. Bentuk ini akan diuraikan bentuk – bentuk latihan  kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan yang dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah, namun menghasilkan kebugaran yang maksimal apabila dilakukan dengan benar, teratur, dan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah kemampuan otot tubuh untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan.

Latihan kekuatan dengan beban tubuh kita sendiri (internal resistance) antara lain :

  1. Latihan untuk otot – otot lengan

Push up (telungkup dorong angkat badan), Pull up (gantung angkat tubuh),Jongkok angkat tubuh, Berjalan telungkup dengan tangan

  1. Latihan kekuatan otot perut (sit up)
  2. Latihan otot punggung (back up)

1)      Tujuan : untuk melatih kekuatan otot punggung

2)      Cara melakukan :

  1. a)Sikap awal tidur terlungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang, kedua tangan dengan jari – jari berkaitan diletakkan di belakang kepala, pergelangan kaki dipegang oleh teman
  2. b)Angkat badan ke atas sampai posisi dada dan perut tidak lagi menyentuh lantai , kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
  3. c)Badan diturunkan kembali ke sikap awal.
  4. d)Gerakan ini dilakukan berulang – ulang sebanyak mungkin.
  1. Latihan Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerak dalam ruang gerak secara maksimum tanpa hambatan yang berarti. Terdapat (2) dua teknik gerakan latihan kelenturan, yaitu kelenturan dinamis dan kelenturan statis.

  1. Latihan kelentuiran dinamis

Latihan keleturan dinamis adalah berbagai pola pergerakan mengayun dan berputar sederhana yang bertujuan untuk mengembangkan kebebasan dan kehalusan gerakan. Contoh gerakan dalam latihan kelenturan dinamis : memutar lengan , mengayun kaki, memutar leher, dan memutar pinggang. Latihan – latihan tersebut benar – benar untuk mengembangkan kesantaian, memperlancar sirkulasi darah, dan menyajikan latihan seperti pemanasan yang ringan.

1)      Latihan kelenturan leher secara dinamis

2)      Latihan kelenturan sendi bahu secara dinamis

3)      Latihan kelenturan batang tubuh secara dinamis

4)      Latihan kelenturan sendi pinggul

5)      Latihan kelenturan sendi lutut

  1. Latihan kelentuiran statis

Latihan keleturan statis adalah bertahan dalam posisi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu

1)      Latihan kelenturan sendi lutut secara statis

2)      Latihan kelenturan otot punggung dan paha secara statis

3)      Latihan kelenturan otot punggung secara statis.

4)      Latihan kayang

  1. Latihan Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah mempertahankan tubuh dari suatu tekanan atau beban dari badan dalam keadaan diam atau sedang bergerak. Latihan keseimbangan ini dapat dilakukan dengan jalan mengurangi atau memperkecil bidang tumpuan.Latihan keseimbangan adalah latihan / bentuk sikap badan dalam keadaan seimbang baik pada sikap berdiri, duduk, maupun jongkok.

  1. Latihan keseimbangan mengangkat salah satu kaki dari sikap kayang.
  2. Latihan keseimbangan dengan sikap kapal terbang.
  3. Latihan keseimbangan dari sikap berdiri kemudian jongkok.
  4. Latihan keseimbangan dari sikap duduk.
  5. Latihan keseimbangan dari berdiri dengan satu kaki dan kaki yang lain disilangkan di lutut.

Sumber:

https://works.bepress.com/m-lukito/7/

infobiz

Kembali ke atas