Lokasi organisasi

Lokasi organisasi

Lokasi organisasi

Lokasi organisasi
Lokasi organisasi
Pimpinan fungsi sistem informasi memiliki gelar chief information officer (CIO) dan dewan penasihat (Steering Committee). Pentingnya posisi fungsi sistem informasi dalam organisasi tergantung pada pentinngnya aplikasi komputer dalam suatu organisasi. Dalam banyak perusahaan, CIO berada langsung dibawah manajer puncak atau dua level dibawah manajer puncak. Namun, disebagian organisasi, banyak departemen sistem informasi masih berada dibawah manajer keuangan senior, seperti controller.
Terlepas dari lokasi fungsi sistem informasi dalam struktur organisasi, dewan penasihat merupakan alat bagi manajer dari area lain untuk mengendalikan dan memengaruhi kebijakan , anggaran, dan perencanaan jasa informasi dalam organisasi. Anggota dewan penasihat adalah pengguna jasa sistem informasi, dewan penasihat dapat memberi masukan pengguna sekaligus mengendalikan fungsi sistem informasi.
Spesialisasi fungsional
Struktur departemen sistem informasi yang paling lazim adalah fungsi, yaitu pemberian wewenang dan tanggung jawab berdasarkan area keahlian teknis setiap staff.
Departemen sistem informasi dibagi menjadi lima fungsi utama:
1.Analisis sistem
Fungsi analisis bertugas mengidentifikasi masalah dan proyek untuk mendesain sistem yang dapat menyelesaikan masalah tersebut.
2.Pemrograman
Fungsi pemrograman bertanggung jawab untuk mendesain, membuat kode, mnguji dan men-debug program komputer yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem yang telah dirancang oleh analis
3.Operasi
Fungsi operasi bertanggung jawab menyiapkan data, mengoperasikan peralatan, dan memelihara sistem.
4.Technical support
Fungsi technical support bertanggung jawab dengan sistem operasi, perangkat lunak, desain database, pengelolaan data, dan teknologi komunikasi.
5.User support
Fungsi user support bertugas melayani pengguna serupa dengan fungsi technical support yang bertugas melayani personel di departemen sistem informasi.
Fungsi user support sering berperan sebagai pusat informasi. Pusat informasi adalah suatu fasilitas pendukung bagi pengguna dalam organisasi.
Sekalipun bentuk organisasi fungsional itu lazim, tetapi ada variasi yang sering pula terjadi yaitu struktur fungsi analisis dan pemrograman berdasarkan proyek. Dalam organisasi proyek, analis dan programmer diberi tugas untuk proyek aplikasi tertentu dan mereka akan bekerjasama untuk menyelesaikan proyek tersebut dibawah tanggungjawab pimpina proyek. Berbeda dengan organisasi fungsional, tanggung jawab untuk suatu proyek tertentu menjadi bagian tanggung jawab dari berbagai area fungsional yang berbeda.