Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia dan Tanggung Jawab
Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga tanggung jawab berarti keadaan dimana manusia harus berani menghadapi hasil atas tindakan yang dilakukan, dan berani menanggung segala resiko atas ucapan yang dikatakan serta memikul apa yang menjadi kewajibannya.
Tanggung jawab merupakan salah satu bentuk kesadaran diri manusia dalam menanggung segala baik buruknya pikiran yang telah terucap dan telah dilakukannya. Salah satu ciri manusia pasti harus dapat bertanggung jawab karena manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang beradab dan berperikemanusiaan.

 

Macam – Macam Tanggung Jawab

1. Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut setiap individu sadar akan kewajibannya atas segala hal yang harus ia lakukan. Karena ini merupakan salah satu cara pengembangan individu yang lebih intelek karena mampu untuk menciptakan individu yang selalu mempertimabangkan segala kemungkinan yang di dapatnya dari hasil pengambilan suatu keputusan.

2. Tanggung Jawab terhadap Keluarga

Keluarga dalah masyarakat kecil yang akan pertama kali dikenal oleh seorang individu untuk bersosialisasi sebelum ia mengenal kehidupan yang lebih luas yaitu bermasyarakat. Tanggung jawab ini begitu besar bagi seorang individu untuk menjaga nama baik keluarga, mengayomi anggota keluarga sampai memberikan pendidikan atau perkenalan awal dalam bertindak.

3. Tanggung Jawab terhadap Masyarakat

Pada hakikatnya seorang individu selalu berkedudukan sebagai makhluk social, karena jika hanya seorang diri tumbuh dalam era perkembangan globalisasi saat ini, tentu individu tidak akan tumbuh secara baik dan bijak, karena setiap individu selalu membutuhkan individu lainnya untuk tetap bertahan hidup. Bertanggung jawab terhadap masyarakat contohnya seperti aktif dalam kegiatan karang taruna, ikut berbaur dengan masyarakat dalam parisipasi kegiatan memeriahkan Hari Kemerdekaan Bangsa dll merupakan salah satu upaya seorang individu memenuhi kewajiban bersosialisasi dalam bermasyarakat.

4. Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara

Mengingat pada dasarnya setiap manusia yang hidup di suatu wilayah Negara merupakan warga Negara dan wajib memenuhi serta mentaati segala peraturan hukum tata Negara serta norma yang berlaku setiap individu harus dan wajib melaksanakan segala peraturan yang telah ditetapkan untuk mendorong pribadi individu yang mengenal etika. Dimana tanggung jawab seorang individu tersebut yakni salah satunya mampu membela Bangsa dan Negara, mampu mengharumkan nama Bangsa dan Negara, mampu menjaga nama baik Bangsa dan Negara dll.

 

5. Tanggung Jawab terhadap Tuhan

Tanggung jawab terhadap Tuhan merupakan bentuk tanggung jawab yang paling vital terhadap Sang Pencipta. Dimana segala bentuk perbuatan baik perkataan dan tindakan segalanya akan dimintai pertanggung jawabannya dihadapanNya. Manusia harus senantiasa berhati-hati dalam setiap perbuatannya karena bukan berlandaskan terhadap norma peraturan yang hanya berlaku dalam bermsyarakat, tetapi segala bentuk perbuatan harus bisa sesuai dengan yang tertuang dalam ajaran Kitab Suci masing-masing umat beragama.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :