Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Media Cetak

Media Cetak

Media Cetak

  1. Pengertian Media Cetak

Media berasal dari bahasa latin yaitu medium yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar. Dengan kata lain, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim pesan atau penerima pesan. Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem,  maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak bisa berlangsung secara optimal.

Media cetak merupakan sebagai sekumpulan bahan-bahan yang dicetak di atas lembaran kertas dan digunakan untuk keperluan memperoleh informasi dan pengetahuan bagi penggunanya. Beragam media cetak telah lama digunakan sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang dapat dipelajari, misalnya buku merupakan ragam media cetak yang banyak digunakan telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi.

Penggunaan media cetak sebagai medium yang kerap digunakan dalam aktivitas belajar dan pembelajaran dapat memberikan beberapa manfaat bagi penggunanya, antara lain:

  • Menyampaikan informasi dan pengetahuan yang diperlukan pembaca
  • Memotivasi terciptanya perilaku tertentu dalam diri pembaca
  • Memberikan instruksi atau arahan bagi pembaca tentang melakukan suatu aktivitas
  1. Fungsi Media Cetak

Secara umum, fungsi media cetak bias diklaifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. a)Sebagai alat bantu dalam pembelajaran.

Sebagai alat bantu belajar, penggunaan media cetak bertujuan untuk memberikan arahan dan petunjuk secara tahap demi tahap tentang cara yang perlu dilakukan oleh peserta didik untuk mengerjakan suatu jenis tugas dan pekerjaan.

  1. b)Sebagai alat pelatihan.

Medium yang digunakan sebagai bahan pelatihan mempunyai sifat pembelajaran atau intruksional di dalamnya.

  1. c)Sebagai bahan yang berisi informasi dan pengetahuan utama yang harus dipelajari.

Media ini juga sering digunakan untuk memotivasi pembaca agar mau mempelajari suatu informasi dan pengetahuan.


Sumber: https://urbanescapesusa.com/speed-car-racing-apk/

infobiz

Kembali ke atas