Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Memberikan Arah/Pengarahan (Direction)

Memberikan Arah/Pengarahan (Direction)

Manajemen kadang-kadang dinyatakan orang sebagai: “THE MANAGEMENT OF PEOPLE, NOT THINGS”. Pernyatan tersebut mengandung makna bahwa sang mnajer hanya perlu menggerakkan orang-orang lain sesuai dengan keinginan. Manajemen manusia, mengarahkan pihak bawahan merupakan bagian penting dari tugas manajerial.

DIRECTION bukan saja berarti menyatakan kepada orang-orang apa yang harus dilakukan mereke, tetapi pula:

  • Memastikan bahwa meraka mengetahui apa yang diharapkan dari mereka dalam setiap situsi dan,
  • Membantu mereka mengembangkan keterampilan-keterampilan mereka.

Hal yang sangat penting adalah: bahwa direction juga mencakup upaya untuk mengembangkan moril baik agar bawahan bersedia memberikan “segala-galanya” dan bukan sekedar bekerja asal bekerja.

f)Pengawasan (Control)

Dalam hal melaksanakan aktivitas-aktivitas “DIRECTING” sang manajer menerangkan kepada karyawannya apa yang harus dilakukan mereka dan ia membantu meraka untuk melaksanakan tugas sebaik mungkin dalam aktivitas “CONTROLLING” ia menentukan kemajuan bagaimana telah dicapai dalam hal menuju ke arah sasaran-sasaran. Ia perlu mengetahui apa yang sedang terjadi, sehingga ia dapat segera melakukan intervensi dan mengubah prosedur-prosedur apabila perubahan-perubahan demikian dianggap perlu untuk mencapai sasaran-sasaran.

  1. g)Inovasi (Inovasion)

Inovasi pada dasarnya perlu dimasukkan ke dalam fungsi manajemen. Pada dasarnya, inovasi terdiri dari tindakan-tindakan mengembangkan cara-cara baru yang lebih baik untuk melaksanakan pekerjaan. Seseorang manajer dapat menghasilkan ide-ide baru mengkombinasikan ide-ide lama menjadi ide-ide baru, dan mengadaptasikan mereka sesuai dengan kebutuhan atau mungkin ia dapat bertindak sebagai  katalisator guna  mengembangkan serta menerapkan inovasi-inovasi.

  1. h)Representasi (Representation)

Akhirnya tugas seorang manajer mencakup tugas mewakili organisasinya dalam menghadapi kelompok-kelompok luar:

  •   Badan-badan pemerintahan
  •   Lembaga-lembaga finansial
  •   Perusahaan-perusahaan lain
  •   Para pemasok ( para “suppliers”)
  •   Para pembeli dan
  •   Publik umum

Para manajer juga perlu mempertimbangkan kepentingan para pegawai, para pembeli, pihak pemerintah, dan masyarakat sewaktu mereka mengambil keputusan-keputusan. Kepentingan-kepentingan kelompok tersebut harus diperhatikan oleh mereka karena apabila hal tersebut tidak dilakukan perusahaan akan mengalami akibat-akibatnya.

Contoh:

Apabila para karyawan merasa bahwa upah/gaji mereka terlampau rendah, maka mereka akan meninggalkan perusahaan dalam jumlah besar. Mereka yang masih ada dilingkungan perusahaan yang bersangkutan akan bekerja setengah hati.

Keinginan para pembeli, pihak pemerintah dan juga masyarakat amat penting. Maka oleh karnanya para manajer harus mengimbangkan kepentingan semua kelompok yang diwakili oleh mereka, sewaktu mereka mengambil keputusan-keputusan

Menurut Sugiyanto Wiryoputrao dalam buku “Dasar-dasar Manajemen”, yang menjadi tugas atau pekerjaan dari manajer itu adalah sebagai berikut :

  1. Kepala dalam organisasi.
  2. Pemimpin dalam organisasi.
  3. Wakil organisasi dalam bertindak keluar.
  4. Penerima informasi.
  5. Penerjemah informasi untuk disampaikan kepada bawahan.
  6. Juru bicara atau humas organisasi.
  7. Wirausaha.
  8. Penangkal gangguan organisasi.
  9. Pembagi sumber daya dalam organisasi.
  10. Negosiator bagi organisasi.

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/

infobiz

Kembali ke atas