Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

MENGENAL TANAMAN PALA

MENGENAL TANAMAN PALA

MENGENAL TANAMAN PALA

Pala ( Myristica fragrans Houtt)

adalah tanaman daerah tropik yang memiliki 200 species, dan seluruhnya tersebar di daerah tropis. Dalam keadaan pertumbuhan yang normal, tanaman pala memiliki mahkota yang rindang, dengan tinggi batang 10 – 18 m. Mahkota pohonnya meruncing keatas, dengan bahagian paling atasnya agak bulat serta ditumbuhi daunan yang rapat. Daunnya berwarna hijau mengkilat, panjangnya 5 – 15 cm, lebar 3- 7 cm dengan panjang tangkai daun 0,7 -1,5 cm.

Tanaman pala termasuk golongan tanaman berjenis kelamin tunggal,meskipun terdapat pula tanaman berjenis kelamin ganda. Berumah dua, yangmemiliki perbedaan yang jelas antara pohon betina dan pohon jantan.Tanaman pala betina di tandai dengan pertumbuhan cabangnya secarahorizontal (mendatar), sedangkan tanaman pala jantan di tandai dengan cabang-cabangnya yang mengarah ke atas membuat sudut lancip dengan batangnya. Keterangan: A = Pohon pala betina, yang ditandai dengan pertumbuhan cabangnyasecara horizontal (mendatar).B = Pohon pala jantan, ditandai dengan cabang-cabangnya yang mengarahke atas membuat sudut lancip dengan batangnya.

Di samping tanaman pala jantan dan betina, terdapat pula yang campuran dimana tanaman jantan akan dapat menghasilkan bunga betina,tetapi jarang terjadi tanaman betina berbunga jantan.Tanaman pala memiliki buah berbentuk bulat, berwarna hijau kekuning-kuningan buah ini apabila masak terbelah dua. Garis tengah buah berkisar antara 3 -9 cm, daging buahnya tebal dan asam rasanya. Biji berbentuk lonjong sampai bulat,panjangnya berkisar antara 1,5 – 4,5 cm dengan lebar 1- 2,5 cm. Kulit biji berwarna coklat dan mengkilat pada bagian luarnya. Kernel biji berwarna keputih-putihan, sedangkan fulinya berwarna merah gelap dan kadang-kadang putih kekuning-kuningan dan membungkus biji menyerupai jala.

Myristica fragrans Houtt, Myristica argentea Ware, dan Myristica fattuaHoutt, adalah jenis-jenis pala yang dianggap penting karena bernilaie konomis, sehingga jenis-jenis inilah yang banyak diusahakan. Jenis-jenis pala lainnya yang kurang/tidak bernilai ekonomis sehingga jarang diusahakan, antara lain :

Myristica malabarica Lam, Myristica

specioca Ware,Myristica sucedona 81 dan lain-lainnya.a. Myristica fragrans Houtt.Para petani pala kebanyakan menyebutnya sebagai pala asli, jenis inimerupakan jenis umum yang diusahakan di Indonesia. Penyebarannya yang merata ini disebabkan karena pala yang dihasilkan baik dalam bentuk biji maupun fuli, memiliki mutu yang tinggi, karenanya jenis inilah yang palingbanyak diminta pasar dunia.Dari jenis ini dikenal pula jenis- jenis pala daerah antara lain:- Pala Raja, fulinya cukup tebal dengan biji kecil.- Pala Meraya, buahnya merangkai-rangkai, tetapi jenis ini sudah sangat langka.

a. Pala Bui, bentuk bijinya bulat panjang, berasal dari pohon campuran. –Pala Pencuri, kulit biji tidak rata dan fulinya tidak menutup buah. –Pala Holland, dikenal pula dengan nama pala putih karena warna fulinyaputih. Fuli ini akan berubah warnanya menjadi kuning setelah di jemur.

Baca juga: Kandang Ayam Petelur

b. Myristica argentea Ware.Jenis pala ini banyak dijumpai di Irian Jaya, tinggi pohonnya mencapai 15 mdan dapat tumbuh pada ketinggian daerah 700 m di atas permukaan laut.Selain Irian Jaya, pala jenis ini juga terdapat di Seram dan beberapa daerah di sekitarnya. Fuli dari jenis ini disebut fuli liar, karena kualitasnya yang berbeda serta aroma kurang halus dibandingkan dengan pala jenis Myristica fragransHoutt. Kandungan minyak etheris dari fulinya hanya 6,5%. Pala jenis initerutama dihasilkan menjadi NUT MEG BUTTER. Pala jenis ini termasukyang mendapat pasaran dalam perdagangan.

c. Myristica fattua Houtt. Jenis pala ini di Maluku disebut pala jantan atau pala utan, di Pulau Jawabuahnya sering dipakai sebagai ramuan bahan jamu.

d. Myristica specioga Ware.Banyak dijumpai di pulau Bacan, tidak ekonomis, karenanya tidak banyak diusahakan.

e. Myristica sucedona BL.Pala jenis ini sering pula disebut pala Halmahera, tergolong pala eksport.

f. Myristica malabarica LAM.Pala jenis ini berasal dari Malabar, bijinya lonjong, tidak memiliki aroma,karenanya tidak diperdagangkan.

infobiz

Kembali ke atas