Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah -Yamaha Mio J

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah -Yamaha Mio J

Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah -Yamaha Mio J
Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah -Yamaha Mio J

Di era ketika motor-motor matic masih menggunakan sistem dari karburator yang memang telah menjadi lumrah di pakai di beberapa jenis kendaraan, dengan kelebihan dan kekuarangannya tersendiri. Orang-orang pun mencari beberapa kendaraan yang irit karena seperti yang Anda telah ketahui sendiri di beberapa kota besar sering terjadi kemacetan yang bisa membuat bahan-bakar semakin cepat habis atau Boros. Selain itu,  orang-orang pun mulai memikirkan tentang emisi, gas buang, atau polusi yang sepertinya telah menjadi permasalahan bagi beberapa kota besar yang kadar polusinya tinggi.

Untuk itu, perlu adanya inovasi yang dilakukan seperti dengan mengeluarkan kendaraan yang mengusung tenaga injeksi yang mungkin bisa menjadi pemecahan dari beberapa masalah di atas.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan tenaga injeksi ?

Injeksi  adalah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran yang mencampurkan antara udara dan bahan bakar dengan akurat dan sesuai, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Ada beberapa sistem dari sistem injeksi seperti sistem mekanikal, elektronikal, dan campuran antara kedua sistem itu. Pada awalnya sisitem injeksi berasal dari sistem mekanikal, kemudian pada tahun 1980 barulah menggunakan sistem elektronik.

Sisitem elektronik modern menggunakan begitu banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin. Hal ini tentunya berbeda jauh dengan sisitem karburator, karena pada sistem injeksi menggunakan Electronic Control Unit (ECU) yang bisa menghitung berapa jumlah bahan bakar menurut kondisi mesin dan suhu udara, sehingga meningkakan efisiensi penggunaan bahan bakar yang akhirnya tenaga keluaran pun menajdi lebih baik dan tingkat polusi yang rendah.

Bagaimana cara Kerja ECU ?

  • Mengontrol udara dan bahan bakar

ECU bekerja pada mesin yang bertenaga injeksi. ECU akan mengatur berapa banyak bahan bakar dan udara yang masuk melalui beberapa sensor yang tersebar di mesin.

Jika Sensor pada throttle menujukan pedal gas di injak semakin dalam, MFS akan menghitung udara yang masuk kemudian ECU pun menyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Jika sensor pada tempratur menunjukan mesin panas, bahan bakar akan di suplai kembali.

  • Mengontrol waktu pengapian

Sebuah mesin tentunya membutuhkan pengapian di ruang bakar, untuk itu membutuhkan percikan api agar bisa memulai pembakaran.  Pada saat waktu pengapian,  ECU bekerja sebagai pengatur waktu terjadinya percikan yang nantinya akan menghaslikan daya yang lebih baik dan ekonomis.

ECU akan mendeteksi ketukan, bila dirasa ketukan itu telalu cepat dan bisa membuat kerusakan pada mesin. Untuk mecegahnya, maka ECU akan memperlambat waktu percikan.

  • Mengontrol kecepatan mesin pada saat idle

Hampir semua mesin memiliki Idle speed Control yang terintegrasi dalam ECU yang berfungsi sebagai pengontrol waktu menginjeksikan bahan bakar, mengatur ketukan,  dan membuka tutup katup udara.

  • Mengontrol durasi buka tutup katup

Bagi mesin yang menggunakan sistem VVT. ECU berguna untuk mengotrol waktu dalam siklus mesin pada saat katup membuka.

Perawatannya pun harus dilakukan secara khusus dengan alat yang telah dipersiapkan. Jadi, tidak semua orang bisa menyeting/mengatur udara masuk dan bahan bakar pada mensin dengan jenis pembakaran injeksi ini.

Teknologi Fuel Injection ini ditemukan oleh Robert Bosch pada tahun 1922, pada saat itu Tekonlogi ini digunakan untuk menggerakan kendaraan-kendaraan di Eropa.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/typoman-mobile-apk/

infobiz

Kembali ke atas