Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Panduan dasar dan cara beternak kenari

Panduan dasar dan cara beternak kenari

Mengenal burung kenari

Burung kenari atau dalam bahasa latinya disebut juga dengan Serinus Canaria dan diberi nama canary diambil dari pulau habitat aslinya kepulauan canary, burung ini merupakan burung asli eropa dan pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Burung kenari yang bnayak dipelihara dihasilkan dari kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Burung kenari sendiri didatangkan ke Indonesia dari negara belanda, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich, scoth fancy, bolder fancy, london fancy, yorkshire, lanchaisire, gloser, dan sebagainya. wikipedia.org

Sampai pada akhirnya burung kenari tersebut banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan banyak sekali masyarakat yang menyukai burung tersebut. Karena burung kenari memiliki keunikan warna yang beraneka ragam, serta kemerduan suaranya. Semakin banyaknya peminat burung kenari sehingga banyak masyarakat penghobi kicauan banting setir menjadi peternak kenari. Karena keuntungan yang bisa didapat cukup memuaskan, bayangkan saja 1 induk ekor kenari mampu bertelur 4-5 butir.

Meskipun begitu banyak pula para peternak yang sama sekali tidak untung atau malah gulung tikar. entah karena apa namun kebanyakan dari mereka tidak sabar dan belum begitu tahu tentang caranya beternak burung kenari, Maka untuk itu pada artikel kali ini akan saya berikan sedikit informasi mengenai cara beternak kenari yang benar. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan atau disiapkan sebelum beternak burung kenari:

 Persiapan
– menetukan tujuan beternak

Ada 2 tujuan yang harus anda pilih ketika akan beternak

a. Jika anda adalah seorang yang hobi dalam suara burung, maka pilihlah untuk menjadi pemaster burung dengan mengikuti kontes kontes kejuaran burung untuk mencari keuntungan. Sedangkan cara memaster kenari untuk pemula pun juga harus kita pamahi terlebih dahulu agar mendapatkan suara masteran seperti yang kita harapkan.

b. Dan jika anda tidak hobi dalam masalah kicauan burung, maka pilihlah untuk menernakkan kenari untuk mencari keuntungan.

Pilihlah salah satu tujuan dari bisnis/ternak kenari tersebut karena antara keduanya mempunayi penanganan yang berbeda. Dan setelah tujuan tersebut anda pilih langkah selanjutnya adalah:

– Membeli burung kenari

Dimanakah kita harus membeli burung kenari?? Belilah burung kenari dari peternak langsung, karena ada beberapa kelebihan jika kita membeli kenari dari peternak langsung, contohnya kita bisa melihat langsung postur tubuh dari induk kenari yang mau kita beli, dan kita bisa menanyakan langsung kepada peternak tentang anak keberapa kenari yang mau kita beli dan lain sebagainya.

– Menentukan beternak mulai anakan atau siap kawin

Tentukanlah dari mana anda akan memulai beternak, apakah ketika kenari kecil atau sudah siap kawin ? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Membeli kenari dari anakan mempunyai kelebihan harga yang relatif murah, namun kekuranganya waktu yang diperlukan untuk siap kawin relatif lama. Sedangkan kelebihan dari membeli kenari siap kawin adalah, kenari bisa segera dijodohkan, dan kekuranganya adalah harganya yang relatif mahal.

Sumber: https://carbomark.org/

infobiz

Kembali ke atas