Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Penelitian Kausal Komparatif

Penelitian Kausal Komparatif

Metode penelitian yang erat dengan penelitian korelasi adalah penelitian causal comparative atau hubungan sebab akibat. Di dalam mengelompokkan jenis penelitian ini, ada para ahli yang memasukkan penelitian kausal komparatif sebagai penelitian deskriptif. Alasan yang mendasarinya adalah bahwa penelitian tersebut berusaha menggambarkan keadaan yang telah terjadi. Sementara itu, ada pula peneliti memasukkan penelitian kausal komparatif sebagai penelitian ex-post facto, dengan alasan bahwa penelitian itu, variabel juga telah terjadi dan peneliti tidak berusaha memanipulasi atau mengontrolnya. Pada penelitian kausal komparatif, variabel penyebab dan variabel yang dipengaruhi telah terjadi dan diselidiki lagi.[6]

Menurut Ritz sebagaimana telah dikutip oleh Emzir mengidentifikasi beberapa kelebihan dan kelemahan penelitian kausal komparatif. Kelebihan penelitian kausal komparatif sebagai berikut:

  1. Metode kausal komparatif adalah suatu penelitian yang layak dalam banyak hal bila metode eksperimental tidak memungkinkan untuk dilakukan:

1)      Apabila tidak memungkinkan memilih, mengontrol, dan memanipulasi variabel untuk studi hubungan sebab-akibat (kausal) secara langsung;

2)      Apabila pengontrolan semua variasi kecuali satu variabel tunggal mungkin sangat tidak realistik, mencegah interaksi yang normal dengan variabel lain yang berpengaruh;

3)      Apabila pengontrolan secara laboratorium untuk berbagai tujuan penelitian tidak praktis, terlalu mahal, atau secara etika dipertanyakan.

  1. Penelitian kausal komparatif akan menghasilkan informasi yang bermanfaat mengenai hakikat fenomena: apa sesuai dengan apa, di bawah kondisi apa, dalam urutan dan pola apa, dan seterusnya.
  2. Memperbaiki teknik, metode statistik, dan desain dengan pengontrolan fitur-fitur secara parsial, dalam beberapa tahun belakangan, studi ini lebih banyak dipertahankan.

Di samping kelebihan di atas, penelitian kausal komparatif juga memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut:

  1. Kelemahan utama suatu desain penelitian kausal komparatif adalah tidak adanya kontrol terhadap variabel bebas.
  2. Kesulitan dalam menentukan faktor penyebab yang relevan.
  3. Kesulitan bahwa tidak ada faktor tunggal yang menyebabkan suatu hasil.
  4. Suatu fenomena tidak hanya dihasilkan dari berbagai penyebab, tetapi juga dari satu penyebab dalam satu kejadian dan dari penyebab yang lain dalam kejadian yang lain

sumber :

https://www.prayasone.org/speech-to-text-translator-apk/

infobiz

Kembali ke atas