Pengertian Kalkulus Adalah

Pengertian Kalkulus Adalah


Kalkulus adalah

studi matematika tentang perubahan, dalam cara yang sama bahwa geometri adalah studi tentang bentuk dan algebra adalah studi tentang cara kerja dan aplikasi mereka untuk memecahkan persamaan. Ia memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial (berhubungan dengan tingkat perubahan dan kemiringan kurva), dan kalkulus integral (berhubungan dengan akumulasi kuantitas dan area di bawah dan diantara kurva); https://www.dosenpendidikan.com/contoh-teks-editorial/

Dua cabang ini adalah

berkaitan satu sama lain oleh teori fundamental dari kalkulus. Kedua cabang itu memanfaatkan pengertian fundamental dari konvergensi dari susunan tidak terbatas dan serial tidak terbatas kepada batas yang terdefinisikan dengan jelas. Secara umum, kalkulus modern diperkirakan telah dikembangkan di abad ke-17 oleh Isaac Newton dan Gottfried Leibniz. Sekarang ini, kalkulus memiliki penggunaan yang luas dalam ilmu pengetahuan, rekayasa dan ilmu ekonomi serta dapat memecahkan banyak masalah yang algebra sendiri tidak dapat memecahkannya.

Kalkulus adalah bagian dari

pendidikan matematika modern. Tujuan dari kalkulus adalah sebagai pintu gerbang bagi yang lainnya, tujuan yang lebih lanjut lagi dalam matematika diabdikan kepada studi dari fungsi dan limit, secara lebih luas dinamakan analisa matematika. Kalkulus dalam sejarahnya disebut sebagai “the calculus of infinitesimals”, atau “infinitesimal calculus”.

Kata “kalkulus” berasal dari bahasa Latin (calculus)

Dan tertuju kepada batu kecil yang digunakan untuk menghitung. Secara lebih umum, kalkulus (plural calculi) tertuju kepada metode atau sistem perhitungan yang dibimbing oleh manipulasi simbolis dari ekspresi. Beberapa contoh dari calculi populer lainnya adalah kalkulus proposisional, kalkulus variasi, kalkulus lambda, dan kalkulus proses.