Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan pada hakikatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif.

Secara etimologis, kewirausahaan adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat dalam menghadapi tantangan hidup.

Wirausaha sering disebut wiraswasta artinya: sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan, dalam mengambil risiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

Wiraswasta berasal dari bahasa sansekerta: wira-swa-sta

  • Wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang
  • Swa berarti sendiri atau mandiri, Sta berarti berdiri, Swasta berarti berdiri di atas kemampuan sendiri

Definisi Wirausaha, wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya. Wiraswasta atau wirausaha berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan di bidang usaha

Wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai sifat kewirauswastaan atau kewirausahaan, bersikap berani mengambil risiko, memiliki keutamaan, kreativitas, dan keteladanan dalam menangani usaha atau perusahaan.

Unsur-unsur kewirausahaan meliputi motivasi, visi, komunikasi, optimisme, dorongan semangat, dan kemampuan memanfaatkan peluang.

Fungsi wirausaha adalah memperkenalkan barang baru, melaksanakan metode produksi baru, membuka pasar baru, membuka bahan/ sumber-sumber baru, dan pelaksanaan organisasi baru.

Sifat dasar yang harus dimiliki seorang wirausaha, menurut Gede Prama yaitu:

  1. Wirausaha adalah seorang pencipta perubahan (the change creator)
  2. Wirausaha selalu melihat perbedaan sebagai peluang
  3. Wirausaha selalu bereksperimen dengan pembaruan
  4. Wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya
  5. Wirausaha melihat pengetahuan dan pengalaman hanyalah alat untuk memacu kreativitas
  6. Wirausaha berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain

baac jgua :

infobiz

Kembali ke atas