Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Pengertian Konseling

Pengertian Konseling

Secara etimologis, istilah konseling berasal dari bahasa Latin, yaitu “conselium” yang berarti “dengan” atau “bersama” yang dirangkai dengan “menerima” atau “memahami”. Sedangkan dalam bahasa Anglo-Saxon, istilah konseling berasal dari “sellan” yang berarti “menyerahkan” atau “ menyampaikan”.[1]

Untuk memberikan satu definisi tentang konseling, para ahli berbeda pendapat sesuai dengan sudut pandangnya masing-masing, oleh karena itu kami mengemukakan beberapa pendapat para ahli sebagai acuan dalam penulisan ini.

…konseling adalah kegiatan dimana semua fakta dikumpulkan dan semua pengalaman siswa difokuskan pada masalah tertentu untuk diatasi sendiri oleh yang bersangkutan, dimana ia diberi bantuan pribadi dan langsung dalam pemecahan masalah itu. Konselor tidak memecahkan masalah untuk klien.Konseling harus ditujukan pada perkembangan yang progresif dari individu untuk memecahkan masalah-masalahnya sendiri tanpa bantuan. (Jones : 1951, dalam Bimo Walgito)[2]

Dari rumusan Jones tersebut dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. konseling terdiri atas kegiatan pengungkapan fakta atau data tentang siswa, serta pengarahan kepada siswa untuk dapat mengatasi sendiri masalah-masalah yang dihadapinya.
  2. Bantuan diberikan secara langsung kepada siswa

sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/seva-mobil-bekas/

infobiz

Kembali ke atas