Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Pengertian pendidikan

Pengertian pendidikan

Pendidikan secara umum adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan.

(Menurut Soekidjo Notoatmojo. Tahun 2003).

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.

(Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Tahun 2002).

Pendidikan dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Pendidikan secara Luas (Makro)
  2. Pendidikan secara Sempit (Mikro)
  3. Pendidikan secara Alternatif
  1. Definisi pendidikan secara Luas

  2. Pendidikan adalah hidup. Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan individu.

(Menurut Redja Mudyahardjo. Tahun 2012).

  1. Pendidikan dalam arti makro (luas) adalah proses interaksi antara manusia sebagai individu atau pribadi dan lingkungan alam semesta, lingkungan sosial, masyarakat, sosial-ekonomi, sosial-politik dan sosial-budaya. Pendidikan dalam arti luas juga dapat diartikan hidup (segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu, suatu proses pertumbuhan dan perkembangan, sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisik, berlangsung sepanjang hayat sejak manusia lahir. ( Menurut Purwanto. Tahun. 2004 )
  1. Karakteristik khusus
  2. Masa pendidikan. Pendidikan berlangsung seumur hidup dalam setiap saat selama ada pengaruh lingkungan.
  3. Lingkungan pendidikan. Pendidikan berlangsung dalam segala lingkungan hudup, baik yang khusus diciptakan untuk kepentingan pendidikan maupun yang ada dengan sendirinya.
  4. Bentuk kegiatan. Terentang dari bentuk-bentuk yang misterius atau tak disengaja sampai dengan terprogram.pendidikan berbentuk segala macam pengalaman belajar dalam hidup. Pendidikan berlangsung dalam beraneka ragam bentuk, pola, dan lembaga. Pendidikan dapat terjadi sembarang, kapan dan dimana pun dalam hidup. Pendidikan lebih berorientasi pada peserta didik.
  5. Tujuan. Tujuan pendidikan terkandung dalam setiap pengalaman belajar, tidak ditentukan dari luar. Tujuan pendidikan adalah pertumbuhan, tujuan pendididkan adalah sama dengan tujuan hidup.

(Menurut Redja Mudyahardjo. Tahun 2012).

Sumber :

https://fgth.uk/

 

infobiz

Kembali ke atas