Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Pengertian Perjanjian E-Commerce

Pengertian Perjanjian E-Commerce

Definisi E-Commerce ( Electronic Commerce). E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver”. Ecommerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).[6]

Sedangkan menurut pendapat Jullian Ding dalam “Komplasi Hukum Perikatan” memeberikan definisi tentang e-commerce sebagai berikut:

“Electronic Commerce Transaction adalah transaksi dagang antara penjual dengan pembeli untuk menyediakan barang, jasa, atau mengambil alih hak. Kontrak ini dilakukan dengan media elektronik ( digital medium) dimana para pihak tidak hadir secara fisik. Medium ini terdapat dalam jaringan umum dengan system terbuka yaitu internet atau world wide web.Traksaksi ini terjadi terlepas dari batas wilayah dan syarat nasional.”

Jadi ada 6 komponen dalam kontrak dagang elektronik yaitu[7] :

  1. Ada kontrak dagang
  2. Kontrak itu dilaksanakan dengan media elektronik (digital)
  3. Kehadiran fisik dari para pihak tidak diperlukan
  4. Kontrak itu terjadi dalam jaringan public
  5. Sistemnya terbuka, yaitu dengan internet atau WWW
  6. Kontrak itu terlepas dari batas yurisdiksi nasional
  1. Analisa

Pada tugas perikatan mengenai perjanjian e-commerce ini kelompok kami mendapat bagian untuk mengaudit salah satu situs yang termasuk dalam perjanjian e-commerce, yaitu situs www.berniaga.com.

Sesuai yang terdapat pada menu “profil” dalam Situs berniaga.com, situs ini ini merupakan situs yang menyediakan layanan untuk mempertemukan penjual dan pembeli agar mendapatkan penawaran terbaik dengan cara yang mudah dan aman dengan cara memasang iklan obyek yang akan ditawarkan secara gratis untuk hamper semua barang/jasa.

Berniaga.com juga berusaha menjaga dan melindungi seluruh pengunjung situs agar terhindar dari penipuan. Fasilitas keamanan yang disiapkan adalah dengan mereview setiap iklan yang masuk agar iklan yang dipublikasikan nantinya benar-benar berkualitas. Hal ini meminimalisir potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli online.

Berdasarkan penjelasan diatas maka kami akan menjawab pertanyaan yang dijadikan rumusan masalah dalam makalah ini.

  1. Siapa para pihak ( penjual dan pembeli ) dalam perjanjian e-commerce ?

Pada perjanjian e-commerce dalam situs berniaga.com yang menjadi pihak-pihak dalam situs berniaga.com adalah :

  1. Penyedia jasa internet ( Internet Service Provider )

Isp yang di maksudkan disini adalah situs berniaga.com itu sendiri. Karena situs berniaga.com ini merupakan pemilik ruang elektronik yang menyediakan layanan transaksi jual beli secara online.

  1. E-merchant dan e-customer

e-merchant merupakan media para pihak berkomunikasi yang di ikuti dengan pengiriman atau penyampaian barang secara nyata. E-merchant merupakan tempat berlangsungnya komunikasi dan sekaligus sebagai tempat berlangsungnya penyerahan media tersebut. Sehingga e-merchant ini dapat disebut pihak yang menawarkan suatu produk kepada pihak customer (penjual).

e-customer adalah pihak yang menggunakan atau membeli barang yang di tawarkan oleh e-merchant.

Dalam hal ini secara langsung e-merchant dan e-customer( si penjual dan pembeli barang dalam situs berniaga.com ) dianggap menyetujui dan harus mematuhi syarat dan ketentuan yang telah diatur seperti yang telah tertera pada menu “Aturan” di situs berniaga.com.

https://weshop.co.id/stickman-basketball-apk/

infobiz

Kembali ke atas