Pengertian Tentang Pantun

Pengertian Tentang Pantun

Pengertian Tentang Pantun

Pengertian Tentang Pantun
Pengertian Tentang Pantun

 

 

Perkataan pantun berarti

Bagai, seperti, ibarat, umpama, laksana. Halm ini dapat kita dengar pada bidal ynag berbnunyi : Sepantun labah-labah, meramu dala badan sendiri, (  sepantun = seumpama ). Pantun adalah bentuk puisi yang terdiri atas empat baris yang bersajak bersilih dua-dua (pola ab-ab), dan biasanya, tiap baris terdiri atas empat perkataan.

Dua baris pertama disebut sampiran (pembayang)

Sedangkan dua baris berikutnya disebut isi pantun. Antara sampiran dan isi terdapat hubungan yang saling berkaitan. Oleh karena itu, tidak boleh membuat sampiran asal jadi hanya untuk menyamakan bunyi baris pertama dengan baris ketiga dan baris kedua dengan baris keempat.

Sebagai halnya dengan maytra dan bidal

Bentuk pan tun inipun merupakan kesusastraan hasil karya bangsa Indonesia sendiri. Pantun sudah lama tersebar dan diperdarah-dagingkan oleh bangsa Indonesia sebelum masuknya kebudayaan Hindu. Bentuk ynag sama dengan dengan pantun dalam kesusastraan Indonesia ini terdapat pula dalam bahasa-bahasa daerah di Indonesia, misalnya : Wawangsalan, Paparikan, Ludruk dan Gandrung dalam bahasa Jawa, ende-ende dalam bahasa Mandailing dan sebagainya.

 

Sumber : https://dosen.co.id/