Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Penghimpun dana

Penghimpun dana

Dana yang diperlukan oleh perum pegadaian untuk melakukan kegiatan uasahannya berasal dari :

1)     Pinjaman jangka pendek dari perbankan

Dana jangka pendek sebagian besar adalah dalam bentuk sekitar 80% dari total dana jangka pendek yang dihimpun.

2)     Pinjaman jangka pendek dari pihak lainnya (utang kepada rekan, utang kepada nasabah, utang pajak, biaya yang masih harus dibayar, pendapatan diterima dimuka, dan lain-lain).

3)     Penerbitan obligasi

Sampa dengan tahun 1994, perum pegadaian suadah 2 kali menerbitkan obligasi yang jangka waktunya masing-masing 5 tahun. Pertama pada tahun 1993 sebesar Rp 23 milyar dan kedua pada tahun 1994 sebesar Rp25 milyar. Sehingga pada tahun 1994 total nilai obligasi yang diterbitkan adalah Rp 50 milyar.[3]

4)     Modal sendiri

Modal yang dimiliki perum terdiri dari :

  1. a)Modal awal, yaitu kekayaan Negara diluar APBN sebesar Rp 205 milyar.
  2. b)Penyertaan modal pemerintah.
  3. c)Laba ditahan, ini merupakan akumulasi sejak perusahaan pegadaian ini berdiri pada masa Hidia Belanda.
  4. Sumber Pendanaan

Pegadaian sebagai lembaga keuangan tidak diperkenankan mengimpun dana secara langsung dari masyarakat dalam bentuk simpanan, misalnya giro, deposito dan tabungan. Untuk memenuhi kebutuhan dananya, perum pegadaian memiliki sumber dana sebagai berikut :

  1. Modal sendiri
  2. Penyertaan modal pemerinth
  3. Pinjaman jangka pendek dari perbakan
  4. Pinjaman jangka panjang yang berasal dari kredit lunak bank Indonesia
  5. Dari masyarakat melalui penerbitan obligasi

Aspek syariah tidak hanya menyentuh bagian operasionalnya saja, pembiayan kegiatan dan pendanaan bagi nasabah, harus diproleh dari sumber yang benar-benar terbebas dari unsur riba. Dalam hal ini, seleruh kegiatan pegadaian syariah termasuk dana yang kemudian disalurkan kepada nasabah, murni berasal dari modal sendiri ditambah dana pihak ketiga dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan. Pegadaian telah melakukan kerja sama dengan Bank Muamalat sebagai fundernya, kedepan pegadaian juga akan melakukan kerja sama dengan lembaga keuangan syariah lain untuk mem-back up modal kerja.

sumber :

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/

infobiz

Kembali ke atas