Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Pentingnya Penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning

Pentingnya Penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning

Pentingnya Penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning

Pendidikan sekolah dasar merupakan

sebuah institusi pendidikan yang memegang peranan penting dan strategis, karena kualitas jenjang pendidikan berikutnya sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan dasar. Untuk itu, agar tujuan pembelajaran di sekolah dapat tercapai dengan baik, maka pembelajaran di sekolah dasar ini hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasikkan. Terlebih pada mata plajaran IPS , yang apabila guru tidak mampu menyajikannya dengan baik dan benar, akan menjadikan siswa jenuh dan bosan.

Peraturan pemerintah Nomor 19 tahun 2005 pasal 19 menegaskan bahwa setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran, untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, para guru di sekolah termasuk guru IPS harus melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mengandung unsur eksplorasi, eleborasi dan konfirmasi.

Diharapkan, dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry based learning , siswa dapat menunjukkan antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS, baik dilihat dari tingkat partisipasi aktif dalam setiap langkah pembelajaranmaupun kesediaan mereka dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Selain itu, diharapkan pula dapat meningkatkan minat dan perhatian dalam mempelajari IPS, yang sebelumnya menurut mereka mungkin hanya sekedar untuk melaksanakan kewajiban saja. Setelah malalui pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inquiry based learning belajar IPS dirasakan menjadi suatu kebutuhan. Lebih jauh lagi, siswa akan merasa nyaman, tidak bosan, dan tidak mengantuk waktu belajar. Bila ini terjadi, maka yang menjadi tujuan dari pembelajaran IPS pun akan tercapai.

Dengan beberapa alasan di atas diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry based learning sangat penting. Untuk itu sebagai bahan pertimbangan dalam memilih metode pembelajaran inquiry ini adalah penggunaan model pembelajaraninquiry based learning ini lebih diutamakan pada kemampuan kognitif anak.


Sumber: https://urbanescapesusa.com/superheroes-car-racing-apk/

infobiz

Kembali ke atas