Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Penyebab perubahan sosial

Penyebab perubahan sosial

1.Sebab-sebab yang berasal dari lingkungan alam fisik yang ada disekitar manusia

Terjadinya gempa bumi, topan, banjir besar, dan lain-lain mungkin menyebabkan masyarakat-masyarakat yang mendiami daerah=daerah tersebut terpaksa harus meninggalkan tempat tinggalnya. Apabila masyarakat tersebut mendiami tempat tinggalnya yang baru, mereka harus menyesuaikan diri dengan keadaan alam yang baru tersebut.. kemungkinan hal tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan.

2.Peperangan

Peperangan dengan Negara lain dapat juga menyebabkan  terjadinya perubahan-perubahan sosial karena biasanya Negara yang menang akan memaksakan kebudayaannya pada Negara yang kalah. Contoh nya adalah Negara-negara yang kalah dalam perang Dunia kedua banyak sekali mengalami perubahan dalam lembaga kemasyarakat. Negara-negara yang kalah dalam perang Dunia seperti Jerman dan jepang mengalami perubahan-per  ubahan besar dalam masyarakat.[1]

3.Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Apabila sebab-sebab perubahan bersumber pada masyarakat lain, itu mungkin terjadi karena kebudayaan dari masyarakat lain melancarkan pengaruhnya. Hubungan yang dilakukan secara fisik antara dua masyarakat mempunyai kecenderungan untuk menimbulkan pengaruh timbal balik, artinya, masing-masing masyarakat mempengaruhi masyarakat lainnya, tetapi juga menerima pengaruh dari masyarakat yang lain itu.

  1. Bentuk Perubahan Sosial
  2. Perubahan evolusi dan perubahan revolusi

a.Perubahan evolusi

Bahonnan (1963: 360) mengatakan bahwa evolusi adalah perubahan yang lama dengan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Dalam evolusi perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa rencana hal ini terjadi sebagai akibat usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan dan kondisi-kondisi yang baru muncul, mengikuti pertumbuhan masyarakat.

Inkeles (1965:31) mengolongkan tiori evaluasi menjadi tiga bentuk Unlinear theory of evalution, berpendapat bahwa manusia dan masyarakat (termasuk kebudayaan) mengalami perkembangan sesuai dengan tahap-tahap tertentu. Bermula dari bentuk yang sederhana kemudian bentuk yang komplesks. Sampai pada tahap yang sempurna.

POS-POS TERBARU

infobiz

Kembali ke atas