Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

  Perjanjian Standart Contract

  Perjanjian Standart Contract

  Perjanjian Standart Contract

Perjanjian Standart adalah perjanjian yang memuat di dalamnya klausa-klausa yang sudah dibaukan dan dicetak dala bentuk formulir dengan jumlah yang banyak serta dipergunakan untuk semua perjanjian yang sama jenisnya.[4] Perjanjian dibuat leh para pihak akan tetapi isinya ditetukan oleh salah satu pihak saja.

  1. Jenis-Jenis Perjanjian Standar

Menurut Mariam Darul zaman, perjanjian baku dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu[5] :

  1. Perjanjian standar sepihak

Perjanjian baku sepihak adalah perjanjian yang isinya ditentukan oleh pihak yang kuat kedudukannya di dalam perjanjian itu. Pihak yang kuat dalam hal ini ialah pihak kreditur yang lazimnya mempunyai posisi kuat dibandingkan pihak debitur.Kedua pihak lazimnya terikat dalam organisasi.Misalnya perjanjian buruh secara kolektif.

  1. Perjanjian standar yang ditetapkan pemerintah

Perjanjian baku yang ditetapkan oleh pemerintah ialah perjanjian baku yang mempunyai objek hak-hak atas tanah. Dalam bidang agraria misalnya, dapat dilihat formulir-formulir perjanjian sebagaimana yang diatur dalam SK Menteri Dalam Negeri tanggal 6 Agustus 1977 No. 104/Dja/1977, yang berupa antara lain akta jual beli, model 1156727, akta hipotik model 1045055 dan lain sebagainya.

  1. Perjanjian standar yang ditentukan di lingkungan notaris

Perjanjian yang ditentukan di lingkungan notaris atau advokat, terdapat perjanjian-perjanjian yang konsepnya sejak semula sudah disediakan untuk memenuhi permintaan dari anggota masyarakat yang meminta bantuan notaris atau advokat yang bersangkutan, yang dalam kepustakaan Belanda biasa disebut dengan “Contact model”.

  1. Validitas Perjanjian Standar

Syarat sahnya suatu perjanjian standar adalah sama halnya dengan syarat sahnya suatu perjanjian pada umumnya. Yaitu sebagaimana yang diatur pada pasal 1320 KUHPerdata seperti telah dijelaskan pada syarat sah perjanjian di atas.

  1. Pengertian Perjanjian Jual Beli

Berdasarkan pasal 1457 BW Jual beli adalah suatu perjanjian, dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu kebendaan, dan pihak yang lain untuk membayar harga yang telah dinjanjikan.

https://rianablog.com/planescape-apk/

infobiz

Kembali ke atas