Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

PERKEMBANGAN PIAGAM JAKARTA

PERKEMBANGAN PIAGAM JAKARTA

PERKEMBANGAN PIAGAM JAKARTA

Dalam hal ini

salah satu fakta yang terkuak dari piagam Jakarta ini adalah beberapa hal yang memang cukup mengejutkan. Apa yang telah dirumuskan oleh panitia sembilan sendiri, ternyata mendapatkan banyak kecaman atau ketidak setujuan yang timbul dari para masyarakat. Kecaman ini juga banyak timbul, dari para rakyat terutama di bagian wilayah Indonesia Timur.

Hal ini juga sebagian besarnya, disebabkan oleh adanya ayat pertama yang mana mencakup nilai islam untuk bagi para pemeluknya sendiri. Namun jika sila tersebut tidak mengalami perubahan, maka wilayah Indonesia sendiri pada bagian tengah hingga timur sendiri akan memilih untuk melepaskan diri dari Indonesia.

Hal tersebut yang akhirnya  yang menjadi salah satu alasan, mengapa dasar kelahiran dari pancasila sendiri memang dikenal sebagai ideology Bhinneka Tunggal Ika Indonesia. Hal ini juga yang menjadi awal, dimana piagam Jakarta akhirnya berubah menjadi sila yang sudah tercantum dalam ideology pancasila sendiri. Hal ini juga yang membuat sebuah perubahan, terutama pada sila pertama.

Sila pertama berubah menjadi ketuhanan yang maha Esa, hal ini juga terjadi setelah Ir. Soekarno pun yang menghubungi Moh Hatta dan juga wakil-wakil dari delegasi Islam sendiri. Setelah itu diadakan konsultasi, yang mana pihak dari delegasi Islam sendiri memang sebelumnya melakukan penolakan atau keberatan dengan perubahan yang dibuat sebelumnya.

Namun dengan penolakan yang terjadi, memang tidak semua orang memberikan persetujuan tentang perubahan tersebut. Hal ini juga di lakukan demi menjaga keutuhan dari Negara kesatuan republic Indonesia sendiri. Dalam hal ini, hasil perubahan yang telah dibuat tersebut juga diumumkan pada sidang pleno PPKI. Namun sebelum itu, di sahkan terlebih dahulu ideologi Negara yang mana sudah termasuk keputusan.

Keputusan tersebut berupa mengenai permintaan sementara, yang mana setelah Jepang juga menyerah pada sekutu pada tanggal 18 Agustus 1945. Hal ini juga yang membuat sejarah dari piagam Jakarta wajib untuk di ketahui oleh semua warga Negara Indonesia. Terutama untuk anda para generasi muda, yang nantinya akan menjadi penerus untuk mencintai dan juga menghargai perjuangan pahlawan.


Sumber: https://tiagorebelodeandrade.com/farmer-sim-apk/

infobiz

Kembali ke atas