Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Puasa Qadha

Puasa Qadha

Puasa Qadha

Puasa qadha adalah

puasa yang dilakukan untuk mengganti puasa ramadahan yang ditinggalkan, seperti wanita yang mengeluarkan darah haid dan nifas ketika bulan puasa, sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah Radiyallahu’anhu berkata:

“ kami mengalami masa-masa haid pada masa Rasulullah SAW maka kami diperintahkan untuk mengqodha puasa”.

Begitu juga dalam mengqodha puasa bagi orang yang sakit atau bepergian, sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran surah al-baqarah ayat 184:

$YB$­ƒr& ;NºyŠr߉÷è¨B 4 `yJsù šc%x. Nä3ZÏB $³ÒƒÍ£D ÷rr&4’n?tã 9xÿy™ ×o£‰Ïèsù ô`ÏiB BQ$­ƒr& tyzé& 4 ’n?tãuršúïÏ%©!$# ¼çmtRqà)‹ÏÜム×ptƒô‰Ïù ãP$yèsÛ &ûüÅ3ó¡ÏB (`yJsù tí§qsÜs? #ZŽöyz uqßgsù ×Žöyz ¼ã&©! 4 br&ur(#qãBqÝÁs? ×Žöyz öNà6©9 ( bÎ) óOçFZä. tbqßJn=÷ès? ÇÊÑÍÈ

Artinya: “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan.

  1. Puasa Sunnah

Imam Taqiyuddin Abu Bakar bin Muhammad al- Husaini al-Hashani dalam kitabnya “ kifayatul Akhyar” mengatakan bahwa kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah, karena puasa ini sangat bermanfaat bagi kita di anjurkan untuk melaksanakan puasa  sunnah.

Dalam puasa sunnah tidak ada keharusan bagi yang berpuasa untuk memaksakan dirinya dalam melaksanakan puasa.


Baca Juga :

infobiz

Kembali ke atas