Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Sistem Operasi Adalah

Pengertian, Jenis, Fungsi, Contoh Sistem Operasi pada Komputer

Pengertian Sistem Operasi

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang sistem operasi atau biasa kita kenal dengan sebutan OS (operating system). Sistem operasi sendiri merupakan penghubung antara user komputer dengan perangkat keras yang ada pada komputer, karena tanpa sistem operasi hardware yang ada tidak akan bisa digunakan dengan benar. Sesuai dengan judul akan kita ulas bersama materi pelajaran anak TKJ yang satu ini satu persatu secara ringkas.

Sistem Operasi

Pengertian Sistem Opeasi
Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak komputer yang bertugas untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras yang terhubung ke komputer, serta mengatur aplikasi yang ada untuk membantu pekerjaan manusia.

Jenis-Jenis Sistem Opeasi

Berdasarkan Source Code
Open Source, merupakan jenis sistem operasi yang source code-nya terbuka secara umum, atau setiap orang berhak memodifikasi, mengembangkan, dan menyebarluaskannya secara gratis. Contohnya adalah Linux.
Closed Source, kebalikan dari open source. Merupakan sistem opeasi yang source code-nya tidak terbuka untuk umum dan hanya dimiliki oleh pengembangnya saja. User harus membeli lisensi terlebih dahulu jika ingin menggunakannya secara pribadi maupun multiuser. Contohnya MS Windows dan Mac OS.
Berdasarkan Interface
Graphic User Interface (GUI), adalah interface sistem operasi yang menggunakan perintah dengan berbasis grafis atau icon, sehingga sangat nyaman dan mudah digunakan.
Command Line Interface (CLI), merupakan sistem operasi yang menggunakan interace berbasis command line atau ketikan sebaris perintah terentu untuk menjalankannya.

Fungsi Sistem Operasi

Setelah mengetahui apa itu sistem operasi di atas, dan juga jenis-jenisnya, lalu apa sih fungsi dan kegunaannya? Berikut beberapa fungsi atau kegunaan dari sistem operasi pada komputer:

Sebagai Kernel, yaitu program yang secara terus-menerus sedang beroperasi (running) selama komputer dijalankan.
Sebagai Guardian, yaitu menyediakan kontrol akses untuk melindungi file dan memberikan pengawasan kepada proses baca, tulis, dan ekesuksi data dan program.
Sebagai Gatekeeper, yaitu mengendalikan siapa saja yang berhak masuk atau log in ke dalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang mereka kerjakan ketika telah masuk ke dalam sistem.

Sebagai Optimizer, mengefisienkan hardware komputer, menjadwal input, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran data sehingga nyaman untuk dioperasikan oleh pengguna.
Sebagai Coordinator, menyediakan fasilitas sehingga proses yang banyak dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

Sebagai Program Controller, yaitu program yang digunakan untuk mengontrol program aplikasi lainnya.
Sebagai Server, menyediakan layanan yang sering dibutuhkan user clinet, seperti mekanisme akses file.
Sebagai Accountant, mengatur CPU time, penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (input/output), disk storage dan waktu koneksi terminal.

Sebagai Interface (antar muka) yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras, dan mudah digunakan (User Friendly).

Sebagai Sistem Resources Manager, yaitu pengelola seluruh sumber daya sistem komputer.
Sebagai Virtual Machine yang menyediakan layanan seperti menyembunyikan pemrograman yang terlalu kompleks dan menyediakan fasilitas yang lebih mudah untuk menggunakan hardware pada komputer.
Contoh Sistem Operasi

Sistem operasi ada banyak sekali, mulai yang biasa kita gunakan seperti Microsoft windows hingga android. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa lihat daftar di bawah yang saya tuliskan beberapa, sebenarnya masih ada banyak sekali contohnya. Namun saya tulis yang biasa digunakan secara umum agar mudah kalian ingat.

Microsoft Windows XP
Microsoft Windows 7
Microsoft Windows 8
Microsoft Windows 10
Microsoft Windows Server 2012
Mac OS
Linux Debian
Linux Ubuntu
Android OS
Dan lain-lain…

Semiga bermanfaat


SUMBER : RUMUSGURU.COM

infobiz

Kembali ke atas