Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

Siswa SMAN 1 Bandarkhalifah Belajar Simulasi Evakuasi Bencana Alam

Siswa SMAN 1 Bandarkhalifah Belajar Simulasi Evakuasi Bencana Alam

Siswa SMAN 1 Bandarkhalifah Belajar Simulasi Evakuasi Bencana Alam
Siswa SMAN 1 Bandarkhalifah Belajar Simulasi Evakuasi Bencana Alam

Dalam rangka memeringati hari anak Internasional, sebanyak 570 orang siswa SMAN 1 Bandarkhalifah, Kabupaten Sergai, mengikuti satu hari belajar di luar kelas, Kamis (7/11). Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini dalam rangka memenuhi, menjamin, melindungi hak anak, dan mengembangkan bakat anak melalui sekolah ramah anak (SRA).

Kepala SMAN 1 Bandarkhalifah, Sari Manurung SPd MPd saat diwawancarai SIB

mengatakan, selama satu hari, anak didik diajak untuk beraktivitas di luar kelas seperti, berolahraga, bermain permainan tradisional hingga belajar simulasi evakuasi bencana alam gempa bumi.

Diterangkannya, ada 17 agenda yang dilakukan para siswa di antaranya, penguatan pendidikan karakter melalui senyum, sapa, dan salam. Kemudian, pendidikan kebangsaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pendidikan kebersihan melalui cuci tangan sebelum makan.

“Selanjutnya, berdoa bersama sebelum makan, sarapan sehat bersama, berdoa setelah

makan, cuci tangan setelah makan, menjaga kebersihan lingkungan, mengecek peralatan listrik dalam rangka penghematan energi, membaca buku di luar kelas, dan simulasi evakuasi bencana,” ujar Sari Manurung.

Tak hanya itu, siswa juga diajak melakukan senam gerakan empati masyarakat sehat, memainkan permainan tradisional, menyanyikan yel-yel SRA, deklarasi SRA, pelantikan tim SRA, serta penutupan dengan menyanyikan lagu maju tak gentar.

Diungkapkan, nantinya berbagai kegiatan tersebut akan didokumentasikan melalui video

yang dikirimkan guna diperlombakan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. SMAN 1 Bandarkhalifah, kata dia, adalah 1 di antara 4 sekolah di Sergai yang terpilih mengikuti perlombaan tersebut.

“Kegiatan ini, juga salah satunya bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang tidak mengekang anak didik sehingga tidak bosan untuk bersekolah. Dengan diadakannya kegiatan tersebut, kita berharap anak didik dapat mencapai pendidikan karakter dan kompetensinya,” beber Kepala SMAN 1 Bandarkhalifah. (

 

Baca Juga :

 

 

infobiz

Kembali ke atas