Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

STRATEGI PENETAPAN HARGA PRODUK YANG SUDAH MAPAN

STRATEGI PENETAPAN HARGA PRODUK YANG SUDAH MAPAN

factor yang menyebabkan suatu perusahaan harus selalu meninjau kembali strategi penetapan harga produk-produknya yang sudah ada di pasar

  1. Adanya perubahan dalam lingkungan pemasaran, misalnya ada pesaing besar yang menurunkan harganya.
  2. Adanya pergeseran permintaan, misalnya terjadi perubahan selera konsumen.

Memiliki tiga alternative strategi, yaitu :

  1. Mempertahankan Harga,

Strategi ini dilaksanakan dengan tujuan mempertahankan posisi dalam pasar  (misalnya pangsa pasar dan profitabilitas perusahaan) dan untuk meningkatkan citra yang baik di masyarakat

Ada beberapa persyaratan atau kondisi yang sesuai untuk menerapkan strategi ini, diantaranya:

  1. Pasar yang dilayani perusahaan tidak terpengaruh oleh perubahan lingkungan.
  2. Ada ketidakpastian berkaitan dengan reaksi pelanggan dan pesaing terhadap perubahan harga.
  3. Image masyarakt terhadap perusahaan dapat ditingkatkan dengan merespon permintaan atau pendapat public untuk mempertahankan harga.
  4. Menurunkan Harga,

Ada tiga alasan yang mendorong suatu perusahaan perlu menurunkan harga

  1. Strategi defensive, dimana perusahaan memotong harga guna menghadapi persaingan yang semakin ketat
  2. Strategi ofensif, dimana perusahaan berusaha memenangkan persaingan.

¨      Hal ini erat hubungannya dengan konsep kurva pengalaman yang intinya menyatakan bahwa biaya perusahaan akan menurun dalam persentase terentu setiap kali pengalamannya berlipat ganda.

¨      Hal ini mengandung makna bahwa perusahaan yang memiliki pengalaman lebih banyak akan memiliki tingkat biaya yang lebih rendah daripada perusahaan yang pengalamannya masih terbatas.

¨      Biaya yang rendah ini akan sangat menguntungkan. Karena dapat menghasilkan laba besar.

  1. Respon terhadap kebutuhan pelanggan yang disebabkan oleh perubahan lingkungan.

¨      Adanya inflasi yang berkelanjutan dan tingkat harga yang semakin melonjak dapat menyebabkan konsumen menjadi sensitive terhadap harga dan setiap alternative produk yang ada.

¨      Mereka menjadi semakin selektif dalam berbelanja.

¨      Oleh karena itu, agar perusahaan bisa mendapatkan perhatian dari konsumen, maka ia perlu menurunkan harganya

sumber :

https://bingkis.co.id/seva-mobil-bekas/

infobiz

Kembali ke atas