Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI

Sumber daya alamyang dapat diperbaharui ialah sumber daya yang keberadaannya selalu tersedia atau dapat digantikan atau dipulihkan dengan layak, seperti air. Hewan juga bagian dari sumber daya yang dapat diperbaharui karena kemampuan mereka mereproduksi keturunan. Meskipun sumber daya ini dapat diganti atau dipulihkan, namun butuh waktu bertahun-tahun dan tidak menjamin mereka dapat dengan mudah diperbaharui.

Contoh sumber daya yang dapat diperbarui:

AIR

Air adalah salah satu sumber daya paling penting bagi kehidupan. sebagian bumi adalah air, dan hanya sekitar 2 hingga ¬Ĺ persennya yang merupakan air tawar. Sedangkan 2.5%nya dianggap tidak layak untuk dikonsumsi. Sementara banyak negara sibuk membangun instalasi pengolahan air, fakta menyebutkan perubahan iklim karena intensnya curah hujan dan mencairnya es berakibat pada minimnya persediaan air tawar.

Sepanjang sejarah, bumi selalu memiliki jumlah air yang sama. Ini berarti bahwa air yang mengalir dari keran rumah hari ini bisa jadi merupakan air yang telah diminum oleh dinosaurus sekitar 200 juta tahun yang lalu.

UDARA

Udara yang kita hirup adalah pembawa senyawa penting untuk metabolisme semua organisme hidup. proses industri pun bergantung pada akses oksigen yang berfungsi sebagai katalis bagi reaksi kimia. Bahkan pembakaran bahan bakar fosil pun membutuhkan oksigen. Hal ini menjadikan udara sebagai salah satu sumber daya alamyang juga amat penting.

Seiring perkembangan zaman, perlu bagi manusia untuk tetap menjaga kualitas udara tetap bersih. Karena jika udara telah tercemar, bukan hanya lingkungan yang menjadi rusak, manusia pun dapat terkena masalah kesehatan. Cara sederhana untuk dapat mengurangi polusi udara adalah lewat pengurangan penggunaan kendaraan pribadi.

HEWAN

Sumber daya yang dapat diperbarui dapat berupa ternak yang dipelihara untuk diambil daging, susu, dan telurnya, populasi ikan yang di budidayakan, atau bisa juga satwa liar yang populasinya dikendalikan oleh manusia.

ANGIN

Energi angin dapat digunakan untuk membantu meningkatkan mata pencaharian manusia. Misalnya angin mampu mendorong perahu berlayar, memompa air, hingga menggiling biji-bijian.

Pada prinsipnya, angin hanyalah udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah. Tekanan yang berbeda diciptakan sebagai respon terhadap perubahan suhu permukaan bumi yang dipengaruhi leh jumlah sinar matahari yang diterima tempat tersebut.Oleh karena itu, manusia dapat menggunakan angin sebagai sumber energi selama matahari bersinar di bumi.

TUMBUHAN

Pohon, buah-buahan dan sayuran bisa dianggap sebagai sumber yang dapat diperbarui.bahkan, semua tanaman yang manusia kembangkan berupa makanan atau pembangkit energi mewakili sumber daya terbarukan.

Contohnya pepohonan. Pohon menyediakan satu bahan baku berharga berupa kayu. Sekitar 40 persen dari semua kayu di dunia dibutuhkan dalam produksi kertas. Sisa 60 persen digunakan untuk keperluan lain seperti bangunan, furnitur atau benda sehari-hari lainnya mulai dari peralatan memasak hingga hiasan dinding.

Hal yang sama berlaku untuk tanaman pangan seperti gandum, jagung, bunga matahari, dan lainnya yang manusia gunakan untuk diolah menjadi makanan. Pada satu lahan, manusia dapat dengan mudah memanen dua atau lebih varietes tanaman yang berbeda dalam periode satu tahun dan kemudian mengulangnya hingga bertahun-tahun lagi.


Sumber: https://mvagusta.co.id/badland-2-apk/

infobiz

Kembali ke atas