Infobiz.co.id

Infobiz.co.id Situs Berita Seputar Teknologi Terbaru, Informasi Games Terupdate, Keamanan Digital, Aplikasi Dan Cyber Attack Reporting.

  Universal (syumul)

  Universal (syumul)

Universal berarti umum (berlaku untuk semua orang atau untuk seluruh dunia), bersifat (melingkupi) seluruh dunia. Ini berarti hukum Islam itu tidak dibatasi oleh lautan maupun batasan suatu negara. Ini berdasarkan firman Allah yang berbunyi:

!$tBur š»oYù=y™ö‘r& žwÎ) ZptHôqy‘ šúüÏJn=»yèù=Ïj9 ÇÊÉÐÈ

 “Dan kami ( Allah) tidak mengutus kamu (Muhammad) kecuali untuk menadi rahmat untuk sekalian alam.” (QS Al-Anbiya’ : 107)

!$tBur y7»oYù=y™ö‘r& žwÎ) Zp©ù!$Ÿ2 Ä¨$¨Y=Ïj9 #ZŽÏ±o0 #\ƒÉ‹tRur £`Å3»s9ur uŽsYò2r& Ä¨$¨Z9$# Ÿw šcqßJn=ôètƒ ÇËÑÈ

 “Dan kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada Mengetahui.”

Kedua ayat Al-Qur’an di atas menyatakan bahwa syariat yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW bukanlah dikhususkan untuk orang Arab saja, namun berlaku bagi seluruh umat manusia yang ada di seluruh dunia.

Dapat kita lihatpada periode Makkah, dimana Nabi Muhammad SAW masih memfokuskan dakwahnya mengenai tauhid pada khususnya dan akidah pada umumnya, ayat-ayat Al-Qur’an yang diturunkan pada waktu itu semuanya memakai kata panggilan Ya Ayyuha al-Nas (wahai manusia), kata ini untuk panggilan bagi semua manusia dan di mana saja manusia itu berada. Sebagai contoh firman Allah dalam surat An-Nisa’ : 170 yang diturunkan di Makkah :

$pkš‰r’¯»tƒ â¨$¨Z9$# ô‰s% ãNä.uä!$y_ ãAqß™§9$# Èd,ysø9$$Î/ `ÏB öNä3În/§‘ (#qãZÏB$t«sù #ZŽöyz öNä3©9 4 bÎ)ur (#rãàÿõ3s? ¨bÎ*sù ¬! $tB ’Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚö‘F{$#ur 4 tb%x.ur ª!$# $·K‹Î=tã $VJŠÅ3ym ÇÊÐÉÈ

 “Wahai manusia, Sesungguhnya Telah datang Rasul (Muhammad) itu kepadamu dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu, Maka berimanlah kamu, Itulah yang lebih baik bagimu. dan jika kamu kafir, (maka kekafiran itu tidak merugikan Allah sedikitpun) Karena Sesungguhnya apa yang di langit dan di bumi itu adalah kepunyaan Allah. dan adalah Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Namun, pada umumnya mengenai hukum-hukum terutama mengenai ibadah hanya dikhususkan bagi kaum Muslimin saja, dapat dilihat dari seruannya dengan mempergunakan panggilan ya ayyuhallazina amanu (wahai orang-orang yang beriman) sebagaimana banyak terdapat di dalam Al-Qur’an.[6]

Kesyumulan syariat Islam mencakup :

  1. Masalah individu (al-ahwal al-syahshiyyah), yakni masalah keluarga, pernikahan, talaq,nafaqah,penyusuan,warisan,penguasaan terhadap diri dan harta dan lain-lain.
  2. Masalah moneter dan perdagangan, yakni masalah tukar-menukar harta benda maupun kepentingan lainnya dengan imbalan maupun tanpa imbalan, jual beli, persewaan, peminjaman, hutang-hutang, gadai, wesel, jaminan, asuransi, dan lain-lain.
  3. Masalah pidana dan perdata, yakni masalah kriminalitas dan kadar hukumannnya, seperti hudud, qishash, dan orang yang lalai cukup dengan mengasingkannya.
  4. Masalah yang kita kenal dengan undang-undang manajerial atau administrasi dan ekonomi, yakni tentang kewajiban pemerintahan dan komunikasi keduanya seperti yang banyak diungkap dalam literatur Politik Islam dan perpajakan dan hukum-hukum pemerintahan (kekuasaan) dalam Fiqih Islam.
  5. Masalah Undang-undang Kenegaraan, yakni tentang hubungan antar Negara, baik ketika damai atau pada saat perang antara kaum muslimin dengan selain mereka. Dalam Fiqih Islam banyak dibahas dalam kitab sarah dan jihad.[7]

Dari uraian di atas menjadi jelas bahwa hukum Islam berbeda dibandingkan hukum yang diproduk oleh Agama lain, yahudi, Nasrani, Hindu atau Budha dan lain-lain. Dimana Agama Islam adalah agama yang bersifat universal dengan wataknya sendiri, dengan khithab yang ada dalam Al-Qur’an “Ya ayyuhannas” (wahai manusia) disebut 28 kali, annas disebut 249 kali dan insan disebut 61 kali.[8]

POS-POS TERBARU

infobiz

Kembali ke atas